Sukses

25-5-1977: Film Pertama Star Wars Dirilis di Bioskop AS

Tepat 40 tahun lalu, film legendaris Star Wars: A New Hope dirilis di bioskop Amerika Serikat dan meraup untung besar.

Liputan6.com, Los Angeles - Tepat 40 tahun lalu, yakni pada 25 Mei 1977, Memorial Day dibuka dengan dirilisnya film Star Wars Episode IV: A New Hope di bioskop Amerika Serikat. Film karya George Lucas yang mengangkat tema intergalaksi itu, meraup untung besar.

Star Wars meraih keberhasilan luar biasa dengan menerima tujuh Oscar. Selain itu, film itu memperoleh US$ 461 juta dari penjualan tiket di Amerika Serikat dan hampir mendekati US$ 800 juta di seluruh dunia berkat pemasaran yang terkoordinasi oleh Lucas dan studionya 20th Century Fox.

"Itu tak seperti pembukaan film," ujar aktris Carrier Fisher yang berperan sebagai Putri Leia. "Rasanya seperti gempa bumi."

Kala itu orang-orang menunggu dirilisnya film revolusioner dan memicu antrean panjang di depan bioskop di seluruh Amerika dan dunia.

Dengan efek spesial yang menakjubkan, Star Wars dalam sekejap menjadi film yang sangat diidolakan. Tiga aktor yang menjadi bintang dalam film itu, Mark Hamill, Harrison Ford, dan Carrie Fisher, dalam waktu singkat memikat hati banyak penontonnya.

Dilansir dari History, Star Wars pun menjadi fenomena budaya pop yang bonafide. Selama bertahun-tahun, Star Wars berkembang menjadi serial televisi, komik, mainan, video game, dan produk lainnya.

Dua sekuel film layar lebar Star Wars, yakni The Empire Strikes Back (1980) dan The Return of Jedi (1983), menampilkan sebagian besar pemeran aslinya dan menikmati kesuksesan yang sama seperti film pertama.

Pada 1999, Lucas kembali membuat prekuel film asli, yakni Star Wars Episode I: The Phantom Menace. Dua prekuel lain, pun dibuat pada tahun-tahun berikutnya, yakni Attack of the Clones (2002) dan Revenge of the Sith (2005).

Sepuluh tahun kemudian, yakni pada 2015, sekuel Star Wars Episode VII: The Force Awakens rilis di layar lebar. Setahun setelahnya, film antologi Star Wars yakni Rogue One, dirilis di layar lebar.

Selain dirilisnya film Star Wars untuk pertama kali, pada 25 Mei di tahun 1979, 273 nyawa melayang dalam musibah jatuhnya pesawat American Airlines di lahan bekas bandara.

Pesawat yang sarat dengan bahan bakar tersebut meledak. Panas dari kobaran besar api membuat pemadam kebakaran tak bisa mendekati burung besi itu hampir 1 jam. Sehingga tak ada yang selamat satu pun.

Selain itu, pada 25 Mei 1961, Presiden AS John F Kennedy mengumumkan di depan Kongres tentang ambisinya mengirim warga Amerika ke Bulan pada 1970.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.