Sukses

24-5-2001: Lantai Gedung Pesta Ambrol, 23 Warga Israel Tewas

Liputan6.com, Yerusalem - Sebanyak 23 orang terbunuh, dan ratusan lainnya menderita luka-luka. Hal ini terjadi karena lantai di sebuah gedung yang sedang dipakai acara pernikahan ambrol di Israel. 

Kejadian tersebut berlangsung di lantai tiga aula Gedung Versailles Israel. Saat itu, ada sekitar 700 undangan yang hadir.

Gedung Versailles berada di kawasan industri Talpiot, Yerusalem. Bukan cuma korban luka dan tewas, saat kejadian berlangsung sejumlah orang terperangkap di reruntuhan gedung.

Sekitar 250 orang dibawa ke rumah sakit. Karena korban terlalu banyak, pihak medis sampai harus dibantu Tentara Israel untuk melakukan evakuasi.

Pengakuan seorang saksi yang merupakan ayah dari pengantin pria, Zion Dror menyebut kejadian terjadi tiba-tiba, sama sekali tidak terduga datangnya.

"Kami sedang menari dan seketika lantai tiga itu ambrol, tapi saya bersyukur keluarga saya baik-baik saja, terima kasih Tuhan," sebut Dror seperti dikutip dari BBC, Selasa (23/5/2017).

Salah seorang pengantin berada di tengah-tengah gedung saat kejadian berlangsung. Ia menderita cedera di kepalanya.

Salah seorang tamu pesta, Efraim Rino menyebut, ketika insiden berlangsung, yang ada di pikirannya adalah menyelamatkan sang buah hati.

"Saya langsung memegang tangan anak saya, kami berdua jatuh satu lantai lalu jatuh lagi, tapi yang terpenting saya terus mencoba memegang tangan anak saya," sebut Rino.

"Usia anak saya baru 10 tahun, kami berdua sama-sama jatuh. Kami sempat terperangkap di reruntuhan, namun, saya bersyukur kami berhasil dievakuasi," tambah dia.

Beberapa hari setelah kejadian, 10 orang ditahan aparat keamanan Israel. Mereka yang diciduk termasuk pemilik dan teknisi gedung.

Setelah investigasi dilangsungkan penyebab keruntuhan gedung adalah pemeriksaan konstruksi yang tidak dilakukan secara rutin.

Pada tanggal yang sama tahun berbeda, 24 Mei 1514, Nicolaus Copernicus Sang Penggugat 'Bumi Sebagai Pusat Semesta' wafat, hanya beberapa jam setelah menerima salinan karya-karyanya yang dirangkum dalam 6 buku.

Pada 24 Mei 1941 Bob Dylan (Robert Zimmerman) seorang penyanyi dan penulis lagu terkenal, dilahirkan ke dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini