Sukses

Gigi Tanggal hingga Sekarat, Ini Tafsir 10 Jenis Mimpi

Berikut 10 jenis mimpi yang umum diimpikan oleh sebagian besar orang, beserta tafsir dan interpretasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun, orang telah mencoba mengungkap makna mimpi dan gambar-gambar sekilas yang nampak di bawah alam sadar kita saat sedang tidur.

Beberapa ahli mimpi dan psikolog telah berhasil mencoba menafsirkan mimpi serta hubungannya dengan pengalaman hidup sang pemimpi.

Beberapa penafsiran mimpi dapat diasosiasikan dengan kehidupan nyata dan mampu diterima akal sehat.

Bahkan bagi para psikiater, sejumlah mimpi dapat menjadi salah satu cara untuk mendiagnosis gejala gangguan psikis pada pasiennya.

Akan tetapi, sejumlah di antaranya tak dapat diterima logika.

Berikut 10 jenis mimpi yang umum diimpikan oleh sebagian besar orang, beserta tafsir dan interpretasinya, yang dibuat oleh Association for the Study of Dreams, seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com dari Listverse.com, Selasa, (23/5/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Kehilangan Kendali Kendaraan

Dalam jenis mimpi ini, sang pemimpi --entah sebagai pengemudi atau penumpang-- biasanya berada di dalam atau di dekat kendaraan bermotor yang memiliki masalah yang sulit untuk diatasi. Misalnya, seperti gagal mesin, kehilangan kendali, atau rem yang tak berfungsi.

Bahkan beberapa pemimpi memimpikan kendaraan malfungsi itu hendak mengarah ke jurang atau menabrak tebing.

Ini adalah jenis mimpi buruk yang sangat umum dan terjadi pada semua orang, termasuk mereka yang pada kehidupan nyata tidak mampu menyetir.

Mimpi ini dapat diintepretasikan bahwa sang pemimpi merasa tidak berdaya atas sesuatu dalam hidupnya atau sedang akan mengarah ke sebuah kondisi buruk di kehidupan nyata.

3 dari 11 halaman

2. Malfungsi Alat Elektronik

Jenis mimpi ini biasanya diawali dengan kegagalan sang pemimpi untuk mengoperasikan sebuah alat elektronik tertentu, seperti telepon atau televisi.

Misalnya, sang pemimpi tidak mampu melakukan sambungan menggunakan pesawat teleponnya atau televisi yang tidak dapat menerima sinyal.

Mimpi ini sering berarti bahwa sang pemimpi merasa kehilangan kontak dengan dunia nyata, atau bahwa sebagian tubuh atau pikiran sang pemimpi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mengisyaratkan bahwa sang pemimpi, ketika di dunia nyata, mengalami putus hubungan dengan seseorang atau pekerjaannya.

Tafsir lain menjelaskan bahwa sang pemimpi sedang mengalami perasaan cemas untuk menjalin relasi dengan orang lain di kehidupan sehari-hari.

4 dari 11 halaman

3. Mimpi Tersesat, Hilang Arah, atau Terperangkap

Mimpi tersesat atau kehilangan arah merupakan hal umum yang diimpikan oleh orang yang tengah mengalami konflik dalam mengambil keputusan dalam situasi di kehidupan nyata.

Dalam mimpi, sang pemimpi biasanya mencoba menemukan jalan keluar dari suatu daerah - seperti hutan, jalan-jalan kota, bangunan besar, atau struktur mirip labirin.

Mimpi ini biasanya berarti sang pemimpi terjebak dalam kehidupan nyata sehingga tidak dapat membuat pilihan yang tepat.

5 dari 11 halaman

4. Ketinggalan Pesawat, Kereta, atau Moda Transportasi Lain

Dalam mimpi seperti ini, sang pemimpi biasanya sedang bergegas naik bus, kereta api, pesawat terbang, atau jenis moda transportasi lainnya, dan pada akhirnya tertinggal kendaraan yang sedang dikejarnya. Sang pemimpi juga diiringi rasa frustrasi dalam mimpinya.

Mimpi ini juga bisa terjadi dalam bentuk yang berbeda, seperti terlambat untuk datang pada sebuah acara.

Mimpi ini biasanya berarti sang pemimpi merasa telah melewatkan kesempatan penting dalam kehidupan nyata. Ini sering terjadi saat sang pemimpi sedang berjuang mengatasi sebuah keputusan penting.

6 dari 11 halaman

5. Gagal dalam Tes atau Ujian

Mimpi ini biasanya dialami oleh orang-orang yang telah keluar dari sekolah untuk waktu yang lama. Dalam mimpi tersebut, sang pemimpi mengalami kegagalan dalam menyelesaikan atau lulus tes.

Pada versi lain, sang pemimpi biasanya tidak siap untuk mengikuti tes, seperti terlambat, tidak menemukan ruangan tes, atau kehilangan alat tulis jelang ujian.

Mimpi ini biasanya berarti sang pemimpi merasa diuji dalam beberapa cara dalam kehidupan nyata. Sang pemimpin juga mungkin merasa bahwa dirinya tidak siap menghadapi sesuatu atau memainkan bagian yang salah dalam hidup.

7 dari 11 halaman

6. Sakit atau Sekarat

Dalam mimpi ini, sang pemimpi (atau orang tercinta yang dekat dengan sang pemimpi) mengalami sakit, terluka, atau sedang sekarat.

Ini adalah mimpi yang cukup umum dan sering terjadi pada saat sang pemimpi mengidap penyakit di kehidupan nyata.

Selain sakit, mimpi ini bisa berarti bahwa sang pemimpi terluka secara emosional atau takut terluka.

Atau mungkin, memperingatkan akan risiko fisik yang akan datang pada diri sang pemimpi atau orang yang dicintainya.

Bila sang pemimpi memimpikan orang lain yang meninggal dalam mimpinya, itu bisa berarti bahwa ia merasakan atau menginginkan orang tersebut pergi atau takut kehilangan di dunia nyata.

8 dari 11 halaman

7. Dikejar

Bermimpi dikejar bisa menjadi pengalaman yang benar-benar mengerikan. Mimpi ini biasanya ditandai dengan seseorang atau sesuatu yang mengejar sang pemimpi di dalam mimpi.

Makna mimpi ini adalah seseorang, sesuatu (mungkin sesuatu yang tidak jelas seperti emosi) membuat sang pemimpi merasa terancam. Salah satu cara untuk menentukan akar ancamannya adalah dengan mengintrospeksi sesuatu di kehidupan nyata yang mengancam diri sang pemimpi.

Perlu dicatat juga bahwa terkadang mimpi ini merupakan peristiwa berulang dari peristiwa aktual dalam hidup sang pemimpi.

9 dari 11 halaman

8. Kehilangan Gigi

Mimpi ini biasanya terjadi ketika sang pemimpi memimpikan kehilangan gigi atau memiliki gigi yang jelek. Terkadang sang pemimpi bermimpi membuka mulut dan giginya mulai rontak.

Mimpi itu dapat dimaknai bahwa sang pemimpi takut merasa dirinya tidak menarik di kehidupan nyata.

Ini juga bisa menandakan rasa malu yang teramat sangat atau kehilangan kekuatan dalam kehidupan nyata.

10 dari 11 halaman

9. Mimpi Telanjang

Sang pemimpi biasanya sedang telanjang atau menyaksikan orang lain sedang telanjang dalam mimpinya. Hal ini sering dengan perasaan malu, namun diiringi dengan rasa bangga atau kebebasan.

Arti dari mimpi ini adalah bahwa sang pemimpi merasa terpapar, canggung, atau rentan, atau takut telah mengungkapkan terlalu banyak rahasia diri sendiri.

Fakta unik tentang jenis mimpi ini adalah kejadiannya yang sering dialami pada orang-orang yang terlibat dalam upacara pernikahan di kehidupan nyata.

11 dari 11 halaman

10. Jatuh atau Tenggelam

Semua orang pernah mengalami mimpi ini. Bahkan beberapa mitos menyebut bahwa sang pemimpi akan akan mati jika menyentuh tanah dalam mimpinya.

Terkadang, sejumlah orang memimpi tenggelam hingga menyentuh dasar laut.

Biasanya seseorang yang memiliki mimpi ini sedang merasa kurang percaya diri atau merasakan dukungan yang minim dari orang-orang terdekatnya di kehidupan nyata. Bahkan beberapa orang juga sedang merasakan beban hidup yang berat hingga akan menyerah.

Sang pemimpi dianjurkan untuk melakukan introspeksi terhadap kondisi hidupnya dan mencoba menemukan masalah besar dalam kehidupan sehari-hari. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini