Sukses

Putri Jepang Rela Lepaskan Mahkota Demi Cinta pada Pria Biasa

Putri Mako jatuh hati dengan seorang rakyat jelata, Kei Komuro. Cinta bersemi saat keduanya duduk di bangku kuliah.

Liputan6.com, Tokyo - Atas nama cinta, Putri Mako (25) dari Jepang rela melepas gelar kebangsawanannya. "Pangeran" pilihannya berasal dari kalangan rakyat jelata.

Putri Mako merupakan anak perempuan dari Pangeran Akishino dan Putri Kawashima Kiko. Ayahnya merupakan anak kedua dari Kaisar Akihito.

Seperti dilansir CNN, Rabu (17/5/2017) pihak Rumah Tangga Kekaisaran menjelaskan, bahwa Putri Mako, cucu perempuan pertama Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko akan bertunangan dengan Kei Komuro (25).

Pria itu dikabarkan bekerja di firma hukum dan seorang mahasiswa pascasarjana yang pernah berperan sebagai "Prince of the Sea" dalam sebuah iklan pariwisata.

Pasangan ini bertemu lima tahun lalu saat keduanya menempuh pendidikan di International Christian University di Tokyo. Demikian laporan radio Jepang NHK.

Saat masih duduk di bangku kuliah itulah, Kei mendapat peran dalam iklan pariwisata pantai untuk kota Fujisawa. Kota ini terletak di sebelah selatan Tokyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Depan Kekaisaran Jepang Terancam?

Hukum kekaisaran Jepang selama berabad-abad mengharuskan seorang putri meninggalkan gelar kebangsawanannya jika ia memilih menikah dengan orang biasa. Sosok yang terakhir melakukannya adalah Putri Sayako, bibi dari Putri Mako.

Sayako adalah anak perempuan satu-satunya Akihito dan Michiko. Ia meninggalkan istana setelah menikah dengan Yoshiki Kuroda, seorang perencana tata kota pada tahun 2005.

Pertunangan Putri Mako belum resmi hingga terjadi pertukaran hadiah atau seserahan antara dua pihak. Meski demikian, kabar ini menghidupkan kembali kekhawatiran tentang jumlah anggota keluarga kekaisaran yang terus menyusut.

Saat ini kekaisaran Jepang memiliki 19 anggota keluarga, dan 14 di antaranya adalah perempuan.

Hukum kekaisaran hanya memungkinkan takhta diwariskan kepada anak laki-laki, sementara itu hanya ada tiga putra yang tersisa. Pertama adalah Putra Mahkota Pangeran Naruhito, adik laki-lakinya Akishino, dan seorang lagi putra Akishino, Pangeran Hisahito.

Selain Putri Mako, ada enam putri lain yang saat ini belum menikah -- mereka juga akan kehilangan gelar kebangsawanan jika memilih menikahi orang biasa. Kemungkinan tersebut memicu kekhawatiran keluarga kekaisaran tidak memiliki cukup anggota untuk terus menjalankan tugas-tugas publik.

Warga menyaksikan video pidato Kaisar Akihito di Tokyo, Jepang, (8/8). Kaisar mengungkapkan keinginannya untuk turun tahta karena faktor kesehatan dan kekhawatiran dirinya tidak mampu melaksanakan tugas Kekaisaran secara penuh. (AFP PHOTO/Toru Yamanaka)

Musim panas lalu, Kaisar Akihito (83) menyuarakan kekhawatiran bahwa usia lanjutnya mungkin akan memengaruhi kemampuannya untuk memerintah.

"Ketika saya menganggap tingkat kebugaran saya berangsur-angsur menurun, saya khawatir akan sulit bagi saya untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai simbol negara...," ujar Akihito kala itu.

Tak lama, Rumah Tangga Kekaisaran mengumumkan bahwa Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko akan mengurangi penampilan publik mereka.

Hukum kekaisaran mewajibkan seorang kaisar melayani negara sepanjang hidupnya. Namun pernyataan Akihito telah memicu polemik agar parlemen mengizinkan kaisar mundur jika situasi mengharuskannya.

Sebuah rancangan undang-undang terkait pengabdian kaisar akan diajukan, baik ke majelis rendah maupun majelis tinggi dalam pekan ini.

3 dari 3 halaman

Sosok Pria Pujaan Hati

Pada hari Rabu waktu Jepang, media memusatkan perhatian pada pria yang berhasil mencuri hati Putri Mako. Para jurnalis berkumpul di depan firma hukum tempat Kei Komuro bekerja.

Pria itu menolak menjawab berbagai pertanyaan tentang pertunangannya dengan Putri Mako. Dia hanya mengatakan, "Saya akan membicarakannya jika waktunya tiba."

Menurut media lokal, rakyat Jepang antusias mengenal sosok Kei. Reaksi mereka umumnya positif, namun ada pula yang mengaitkan perkawinan yang kelak akan terjadi antara Putri Mako dan Kei dengan kelangsungan kekaisaran Negeri Sakura tersebut.

Kei Komuro (25), pria yang berhasil mencuri perhatian Putri Mako (Fumine Tsutabayashi/Kyodo News via AP)

"Menurut saya, seorang wanita anggota keluarga kekaisaran harus tetap diizinkan tinggal (menyandang gelar kebangsawanan). Saya rasa garis keturunan laki-laki akan tetap dijaga oleh putra mahkota dan saudaranya, namun seharusnya tidak masalah jika kelak suatu saat ada kaisar perempuan," kata seorang warga, Meiko Hirayama (44).

Adapula warga yang bersikeras menjaga hukum kekaisaran dengan berpendapat kaisar haruslah seorang laki-laki.

"Ini adalah sebuah tradisi yang terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun. Jika kita ikuti tren global, siapapun bisa jadi kaisar. Kita harus hormati tradisi," ujar Katsuiji Tsunoda (71).

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.