Sukses

Pengusaha Televisi Iran Tewas Ditembak di Istanbul

Pengusaha Televisi Iran, Karimian, tewas ditembak bersama dengan seorang mitra bisnisnya asal Kuwait.

Liputan6.com, Istanbul - Pendiri sekaligus CEO stasiun televisi berbahasa Persia, Gem TV, Saeed Karimian tewas dibunuh di Istanbul, Turki. Ia bersama mitra bisnisnya asal Kuwait, ditembak di sekitar kawasan Maslak.

Seperti dilansir BBC, Minggu (30/4/2017) kendaraan yang digunakan pelaku untuk menembak Saeed dan rekannya telah ditemukan, namun dalam kondisi sudah terbakar habis.

Kasus ini kini tengah diselidiki pihak berwenang Turki.

Karimian sebelumnya tersangkut kasus hukum. Ia diadili secara in absentia oleh pengadilan di Teheran dan dijatuhi hukuman enam tahun penjara atas tuduhan menyebarkan propaganda melawan pemerintah Iran.

Gem TV melakukan sulih suara dari program asing ke bahasa Persia dan menyiarkannya ke Iran. Stasiun televisi ini awalnya didirikan di London, namun dalam perjalanannya berkembang hingga ke Dubai.

Menurut situs stasiun televisi tersebut, mereka memiliki 17 saluran berbahasa Persia. Ditambah dengan satu bahasa Kurdi, Azeri, dan Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.