Sukses

Gempa 7,2 Skala Richter Guncang Mindanao Filipina

Akibat kekuatan gempa besar, masyarakat yang tinggal dekat pantai terpaksa dievakuasi untuk sementara waktu.

Liputan6.com, Mindanao - Gempa besar terjadi di lepas pantai Mindanao, Filipina. Lindu tersebut diperkirakan berkekuatan 7,2 skala Richter (SR).

Akibat kekuatan gempa besar, masyarakat yang tinggal dekat pantai terpaksa dievakuasi untuk sementara waktu. Kendati demikian, belum terlihat kerusakan bangunan.

Gempa ini juga tidak menelan korban jiwa atau luka. Namun, dari keterangan seorang saksi mata, guncangan karena gempa sangat keras.

"(Gempa) ini sangat kuat, kalian bisa mendengar tanah berguncang sampai sekitar 10 detik," ujar seorang warga lokal, Jenifer Bugtay, seperti dikutip dari Asia Correspondent, Sabtu (29/4/2017).

"Gempa ini yang terbesar yang pernah saya rasakan. Lihat, dinding tersebut seperti mau jatuh," kata dia.

Pusat Tsunami Pasifik menyebut, gempa tersebut kemungkinan membuat ombak besar yang jangkauannya bisa mencapai 300 kilometer dari pusat gempa. Bahkan, ombak tersebut bisa sampai ke perairan di Indonesia.

Meski demikian, Insititus Volkanologi dan Sesmilogi Filipina (Philvolcs) mengatakan, gempa tidak berpotensi tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini