Sukses

Obama Tampil Perdana di Depan Publik, Menolak Mengomentari Trump

Obama lebih memanfaatkan momen itu untuk membocorkan rencana apa yang kelak akan dia lakukan.

Liputan6.com, Chicago - Presiden ke-44 Barack Obama akhirnya tampil perdana di depan publik. Ia berbicara pada Senin 24 April malam di ruang serba guna University of Chicago. Kota di mana, karier politiknya berawal.

Namun, dalam penampilan perdana, pidato dan berdiskusi dengan mahasiswa dan pelajar dari barbagai universitas, Obama menolak untuk mengkritik Presiden ke-45 Donald Trump. Ia lebih memanfaatkan momen itu untuk membocorkan rencana apa yang kelak akan dia lakukan.

"Menjelang saya lengser dari kepresidenan, saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan apa hal terpenting yang dapat saya lakukan untuk pekerjaan saya selanjutnya?" kata mantan presiden dari Partai Demokrat tersebut sambil berbagi panggung dengan para pemuda dan pelajar.

"Yang saya yakin adalah bahwa - walaupun ada banyak jenis masalah yang saya khawatirkan dan segala jenis masalah yang ingin saya selesaikan - satu hal terpenting yang dapat saya lakukan adalah membantu dengan cara apa pun yang dapat saya siapkan. Generasi kepemimpinan berikutnya untuk mengambil tongkat dan mengambil celah mereka sendiri saat mengubah dunia," lanjutnya seperti dikutip dari New York Times, pada Selasa (25/4/2017).

Menghindari pernyataan tentang Trump bukanlah sebuah kebetulan.

Obama telah memutuskan - setidaknya untuk saat ini - untuk menghindari kritik terhadap penggantinya, sebagian karena mantan Presiden George W. Bush mengambil pendekatan yang sama. Namun, Obama dan para penasihatnya juga menyimpulkan bahwa menghadapi Trump sekarang akan menjadi kesalahan politik.

Jika Obama menantang presiden secara langsung, mereka yakin, mantan presiden tersebut akan menjadi pertimbangan bagi Trump untuk mengumpulkan pendukungnya. Itu bisa membantu Trump memberlakukan kebijakan yang ditentang oleh Obama.

Akibatnya, sesi di University of Chicago, di mana Obama pernah mengajar hukum konstitusional, tidak memiliki ketegangan Obama-Trump. Duduk di atas panggung dengan enam orang muda yang sukses, Obama tampil santai, merenungkan kisah kehidupan politiknya dan menawarkan sedikit lelucon.

Obama Tampil Perdana di Depan Publik, Menolak Mengomentari Trump (SCOTT OLSON  / AFP)

"Jadi, apa yang terjadi saat saya pergi?" kata Obama, terkekeh, di awal sesi itu. Kemudian, dia mengisyaratkan iklim politik saat ini dengan mengingat pengamatannya pada tahun 2004 tentang tidak adanya Amerika "merah" Amerika atau "biru" selama pidatonya di Konvensi Nasional Demokrat tahun itu.

"Itu adalah komentar yang aspiratif," dia mengakui, mendorong tawa dari panel di atas panggung dan penonton. "Jelas, tidak benar bila menyangkut politik dan kehidupan sipil kita."

Obama telah menghabiskan tiga bulan sejak Trump diangkat jadi presiden dengan liburan panjang bahkan saat stafnya mulai mendirikan kantor di Washington dan berencana melanjutkan perpustakaan kepresidenannya di Chicago ia asik menikmati liburannya. Obama juga mulai mengerjakan memoar.

Obama juga mengatakan bahwa rencananya sekarang adalah untuk menciptakan jalan untuk membantu generasi berikutnya terlibat.

"Saya ingin bekerja dengan mereka untuk meruntuhkan penghalang tersebut dan untuk mendapatkan generasi berikutnya untuk mempercepat kepindahan mereka menuju kepemimpinan, karena jika itu terjadi, saya pikir kita akan baik-baik saja dan akhirnya saya menjadi sangat optimis," katanya.

Obama mengatakan bahwa dia masih peduli dengan isu-isu seperti ketidaksetaraan ekonomi, perubahan iklim, keadilan dan penyebaran kekerasan. Tapi lebih dari itu, katanya, itu adalah kurangnya kepemimpinan yang membuat negara tidak melakukan terobosan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

"Semua masalah itu serius, itu menakutkan, tapi tidak bisa tak dipecahkan," kata Obama. "Apa yang mencegah kita mengatasi mereka dan membuat lebih banyak kemajuan benar-benar ada hubungannya dengan politik dan kehidupan kewarganegaraan kita."

Obama secara singkat menyebutkan keprihatinannya tentang media berita dan sejauh mana orang tidak terpapar gagasan yang menantang pandangan dunia mereka. Dia berbicara tentang nilai belajar dari kegagalan dan mendengarkan orang agar bisa belajar, bukan hanya untuk merumuskan sebuah respons.

"Ya, saya belajar itu dalam pernikahan, omong-omong," kata Obama sambil menyeringai. "Itu akan menghemat banyak sakit kepala dan kesedihan. Maaf, saya hanya memberi sedikit tips. "

Obama tetap low profile sejak meninggalkan kantor, paling jelas ia membuat berita saat ia kitesurfing di Karibia dengan miliarder Richard Branson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini