Sukses

Google Doodle Rayakan 109 Tahun Saridjah Niung, Siapa Dia?

Saridjah Niung adalah sosok pencipta lagu anak-anak yang legendaris. Siapakah dia?

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 26 Maret 2017, Saridjah Niung atau yang dikenal dengan Ibu Soed dijadikan doodle oleh Google. Mesin pencari raksasa itu merayakan hari jadi sang pencipta lagu legendaris ke-109.

Saridjah Niung lahir di Sukabumi, Jawa Barat. Ia adalah seorang guru, penyiar radio, pemain drama, dan pencinta batik.

Dan di lain sisi, ia merupakan sosok berjasa bagi seluruh anak Indonesia karena telah menciptakan lagu anak-anak yang legendaris seperti "Tik-tik", "Bunyi Hujan", "Hai Becak", "Menanam Jagung", "Burung Kutilang", "Nenek Moyang" dan "Kupu-kupu".

Ia diperkirakan telah menciptakan lebih dari 200 lagu, walau hanya separuh yang bisa terselamatkan dan bertahan hingga sekarang. Lagu-lagu itu masih diperdengarkan di Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di seluruh Indonesia.

Google doodle hari ini memperlihatkan seorang perempuan bersanggul berkaca mata tampak tengah bernyanyi.

Lalu, tiga anak-anak mendengarkan lewat lagu. Adapun tulisan Google ditulis menyerupai not balok. Demikian Liputan6.com kutip dari google doodle.com dan berbagai sumber lainnya. 

Ibu Soed adalah musisi perempuan yang mahir bermain biola. Awal mula menciptakan lagu anak setelah menjadi guru musik di HIS Petojo, HIS Jalan Kartini, dan HIS Arjuna yang masih menggunakan Bahasa Belanda dan tidak ceria. Prihatin dengan kondisi itu, ia memutuskan untuk menciptakan lagu anak-anak berbahasa Indonesia.

Tak hanya tema sederhana dan ceria, Ibu Soed menciptakan lagu-lagu perjuangan, seperti "Berkibarlah Benderaku" dan "Tanah Air".  Kedua lagu itu masih kerap diputar di perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini