Sukses

Iseng Berburu Benda Bersejarah, Bocah Temukan Pesawat Era PD II

Kakek ayah si bocah pernah mengatakan dahulu ada pesawat Jerman jatuh di Jerman pada November 1944. Dan ternyata...

Liputan6.com, Birkelse - Seorang anak di Denmark tak sengaja menemukan pesawat dari era Perang Dunia II. Saat itu ia tengah berburu benda bersejarah bersama sang ayah.

Dilansir dari BBC, Rabu (8/3/2017), bocah 14 tahun itu menemukan puing pesawat Jerman Messerschmitt, dan pilotnya di sebuah ladang.

Mengetahui temuan tersebut, kru TV dan polisi forensik serta ahli bahan peledak berbondong-bondong ke peternakan keluarga Daniel Rom Kristiansen di Birkelse, Denmark.

Menurut sang ayah, Klaus Kristiansen, kakeknya pernah mengatakan bahwa dahulu pesawat telah jatuh ada di November 1944.

"Ketika anak saya Daniel baru-baru ini diberi pekerjaan rumah tentang Perang Dunia II, saya bercanda mengatakan kepadanya untuk keluar rumah dan menemukan pesawat yang seharusnya jatuh di sebuah ladang," ucap Kristiansen kepada stasiun berita Denmark, DR P4 Nordjylland.

Ayah dan anak itu kemudian berburu bersama berbekal detektor logam, tetapi mereka tak pernah berharap menemukan benda bersejarah.

Kristiansen yang merupakan seorang pekerja pertanian, yakin bahwa puing-puing pesawat itu telah dievakuasi bertahun-tahun sebelumnya. Jikalau memang kapal terbang bersejarah itu memang jatuh di lokasi tersebut.

Tapi kemudian, detektor logam mereka berbunyi cepat di sepetak tanah berawa.

Pasangan ayah-anak itu kemudian mulai menggali. Lalu mereka sadar bahwa penggalian harus dilakukan lebih dalam dan akhirnya diputuskan untuk meminjam eskavator dari tetangga.

Mereka kemudian menggali sedalam 4 hingga 6 meter, lalu terlihatlah bangkai pesawat tersebut.

Temuan mereka termasuk mesin dari pesawat ME 109 Messerschmitt, amunisi Luftwaffe, dan tulang-tulang dari anggota kru yang tewas dalam kecelakaan kapal terbang itu.

"Awalnya yang ditemukan itu bukan pesawat," kata Kristiansen kepada BBC. "Itu mungkin 2.000 hingga 5.000 potongan bagian pesawat. Dan kami menemukan sebuah mesin ... kemudian tiba-tiba kami menemukan bagian dari tulang, dan bagian dari pakaian (pilot)."

"Dan kemudian kami menemukan beberapa benda pribadi -- buku, dompet berisi uang ... Entah itu sebuah Alkitab atau Mein Kampf. Kami tak memeriksa buku di sakunya, hanya menaruhnya di beberapa kantong. Sebuah museum kini tengah mengurusnya. Saya pikir ada banyak informasi di kertas-kertas tersebut."

Menghubungi Pihak Berwenang

Menyadari mereka telah menemukan sesuatu yang luar biasa, petani itu kemudian menghubungi sejarawan Perang Dunia II dan otoritas Denmark.

Kristiansen lantas mengatakan temuan itu berada di ladang yang biasa digunakan untuk menanam rumput atau berternak.

Keluarga Kristiansen telah bekerja di lapangan tempat pesawat itu tersembunyi selama puluhan tahun. Mereka tak menyadari ada rahasia besar di dalamnya.

Kristiansen sendiri telah tinggal di sana selama 40 tahun.

"Kami belum pernah melihat sesuatu di seperti itu. Tidak sedikit pun pernah menemukan benda dari logam di tempat tersebut."

Kristiansen mengatakan banyak cerita dari sang kakek kala ia kecil. Beberapa di antaranya fiktif namun ada pula yang benar, dan soal kecelakaan pesawat itu termasuk yang benar.

Polisi North Jutland kini telah menutup lokasi temuan itu untuk penyelidikan lebih lanjut. Terlebih karena ditemukan amunisi yang dikhawatirkan akan membahayakan.

Kini ahli bom tengah berupaya menjinakkannya.

Polisi forensik kini juga tengah mengevakuasi tulang belulang pilot, dan berharap bisa mengidentifikasinya.

"Mungkin akan ada pilot yang dimakamkan di Jerman sekarang," kata Kristiansen. "Saya berharap begitu."

Adapun Daniel ... ia telah menyerahkan pekerjaan rumah sejarahnya, tapi ia berharap dapat memperbarui tugasnya  ketika detail pesawat dan tulang belulang yang terkubur bersama burung besi itu akhirnya terungkap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.