Sukses

Menlu Mauritius: Hubungan Kami dan Indonesia bak Kisah Cinta

Menlu Mauritius mengungkap alasan kenapa negaranya dan Indonesia memiliki hubungan layaknya sebuah kisah cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Mauritius Seetanah Lutchmeenaraidoo punya kesan khusus terhadap Indonesia. Hal ini ia sampaikan setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno L.P. Marsudi.

Ia mengaku terkejut dengan fakta yang ditemuinya di Indonesia. Terutama soal kedekatan budaya RI dengan negara tetangga Mauritius, Madagaskar.

Mauritius dan Madagaskar memiliki hubungan yang sangat harmonis. Itulah alasan mengapa Lutchmeenaraidoo menyatakan negaranya memiliki perasaan yang sama terhadap Indonesia.

"Pertemanan Indonesia dan Mauritius bagaikan kisah cinta," sebut Lutchmeenaraidoo di JCC Senayan, Selasa, (6/3/2017).

"Kenapa, negara kami bertetangga dengan Madagaskar yang masyarakatnya begitu mirip dengan Indonesia. Saya sendiri tak percaya bagaimana empat ribu tahun lalu orang-orang dari Kalimantan bisa sampai di Madagaskar," jelasnya.

Sampai sekarang negaranya merasa sangat terikat dengan Indonesia. Pasalnya, baik Mauritius maupun Indonesia berada di kawasan yang sama, yakni di Samudera Hindia.

"Dunia memang seperti terlihat besar, namun juga kadang terlihat sangat kecil," jelasnya.

Selain bercerita soal 'kisah cinta' negaranya dengan Indonesia, Menlu Mauritius juga mendukung tawaran Indonesia bekerja sama dalam membasmi ilegal fishing.

Namun penanganan masalah itu harus diambil dengan cara berbeda. Perlindungan lingkungan tetap mesti jadi nomor satu.

"Saya menawarkan pada Menlu Indonesia kami bisa bekerja sama dalam melanjutkan pemberdayaan lautan, lautan itu bukan punya kita, tapi pemberian Tuhan yang harus dijaga," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini