Sukses

Terjual Rp 787 M, Ini Lukisan Termahal Ketiga di Eropa

Lukisan Gustav Limt berjudul 'Bauerngarten' menjadi yang termahal ketiga di Eropa dengan nilai Rp 787 miliar.

Liputan6.com, London - Sebuah lukisan Gustav Limt menjadi salah satu karya seni termahal di Eropa yang pernah terjual. Lukisan dengan judul "Bauerngarten" (Taman Bunga), terjual di Sotheby's dengan nilai 47.971.250 pound sterling atau sekitar Rp 787 miliar.

Lukisan tersebut merupakan lukisan termahal ke tiga di Eropa, setelah "Walking Man" karya Alberto Giacometti (65.001.250 pound sterling) dan "The Massacre Of The Innocents" karya Peter Paul Rubens (49.506.648 pound sterling).

Dikutip dari The Telegraph, Kamis (2/3/2017), Global Co-Head Sotheby's Impressionist & Modern Art Department dan Chairman Sotheby's Eropa, Helena Newman, mendeskripsikan lukisan tersebut sebagai salah satu karya luar biasa yang pernah dilelang.

"Bintang dalam musim ini tidak diragukan lagi adalah 'Bauerngarten' karya Klimt, yang berasal dari masa keemasan yang banyak digemari dan dari tahun yang sama dari lukisan Portrait of Adele Bloch-Bauer I," kata Newman.

"Komposisi inovatif dan karya layaknya perhiasan karena warna yang sangat indah. Itu merupakan salah satu karya seniman paling luar biasa yang pernah dilelang."

"Sebagian besar lukisan minyak pada kaliber artis seperti ini berada di museum besar di seluruh dunia, dengan hanya segelintir karya penting yang dilelang dalam sepuluh tahun terakhir," ujar Newman.

Selain "Bauerngarten", "Plant de Tomates" karya Pablo Picasso, "Portrait of Baranowski" karya Amedeo Modigliani, dan "La Femme aux Mangos" karya Paul Gauguin turut dilelang.

Lukisan "Bauerngarten" karya Klimt yang menggambarkan kelimpahan bunga poppy, aster, dan mawar itu pada tahun lalu dipamerkan di Royal Academy's Painting the Modern Garden dan menjadi karya seniman Golden Year yang dilelang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini