Sukses

Trump dan PM Jepang Lewatkan Akhir Pekan dengan Diplomasi Golf

Trump menggunakan properti pribadinya untuk menjamu PM Jepang Shinzo Abe. Ia mengajak Abe bermain golf di Trump National Golf Club.

Liputan6.com, Washington, DC - Presiden Donald Trump mengundang Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe untuk bermain golf bersama di lapangan golf miliknya di Trump National Golf Club di Jupiter, Florida.

Sementara itu seorang sumber mengatakan kepada Reuters, bahwa seorang pegolf profesional asal Afrika Selatan, Ernie Els turut bergabung bersama dua kepala negara ini. Els dikabarkan mengikuti jejak mantan pegolf nomor satu dunia, Tiger Woods yang diketahui pernah bermain golf bersama Trump pada Desember 2016 lalu

Seperti dikutip dari Telegraph, Minggu, (12/2/2017) Gedung Putih belum memberikan keterangan mendetail perihal aktivitas golf Trump dan Abe, sementara wartawan tidak diizinkan untuk menonton permainan golf keduanya.

Empat jam kemudian, Trump mencuit foto dirinya dan PM Abe saat tengah berada di lapangan golf.

"Menyenangkan menyambut PM Shinzo Abe di Amerika Serikat," tulis Trump di media sosial kesayangannya, Twitter.

Dilansir CNN, Trump tak lupa memakain topi bertuliskan 'Make America Great Again' yang selama ini menjadi slogan kampanyenya.

Tak lama setelah bermain golf, Trump dan Abe melanjutkan pertemuan dengan melakukan makan siang tertutup.

PM Abe bepergian ke Florida dengan menumpang pesawat Air Force One setelah ia dan Trump melakukan pertemuan resmi di Gedung Putih pada Jumat waktu setempat. Ini merupakan kali pertama bagi Trump menggunakan resornya, Mar-a-Lago untuk menjamu pemimpin dunia.

Baik Washington maupun Tokyo mengatakan, perjalanan akhir pekan yang dilakukan Trump dan Abe menggariskan pentingnya hubungan AS-Jepang bagi kedua kepala negara tersebut.

Bagi Abe khususnya, Jepang sangat berkepentingan meredakan kekhawatiran mengenai nasib aliansi kedua negara di bawah kepemimpinan Trump. Pasalnya, semasa berkampanye, Trump sempat melontarkan pernyataan yang mengancam dukungan militer AS terhadap Negeri Sakura tersebut.

Dalam konferensi pers yang berlangsung pada Jumat lalu, Trump dan Abe fokus pada sejumlah hal di mana "AS menuntut Jepang membayar lebih atas bantuan pertahanannya" dan Abe berjanji akan membantu Negeri Paman Sam untuk menciptakan lapangan kerja.

Sebelum melakukan perjalanan akhir pekan dengan bermain golf, Trump dan Abe bertemu dalam momen makan malam outdoor dengan didampingi oleh istri masing-masing. Dalam acara resmi itu turut bergabung Robert Kraft, pemilik klub New England Patriots, pemenang Super Bowl 2017.

Kedua pemimpin dunia itu dijadwalkan akan kembali bertemu dalam sebuah makan malam. Namun kali ini melibatkan sejumlah anggota delegasi Jepang.

PM Abe tiba di Washington pada Kamis lalu. Sebelum Trump dilantik, keduanya telah lebih dulu bertemu di Trump Tower.

AS sendiri telah menegaskan sikapnya untuk melanjutkan hubungan aliansi dengan Jepang menyusul kunjungan Menteri Pertahanan James Mattis beberapa waktu lalu.

Itu merupakan lawatan perdana pejabat setingkat menteri pada era Trump yang disebut-sebut bertujuan untuk meyakinkan Jepang bahwa Negeri Paman Sam masih akan melindungi negara itu melalui senjata nuklir dan keberadaan puluhan ribu pasukannya di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.