Sukses

Menlu Sampaikan Undangan Jokowi untuk Presiden Afsel

Menlu menyampaikan surat undangan kepada Presiden Afsel untuk menghadiri KTT IORA.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan ke Afrika Selatan. Dalam lawatan tersebut mantan Duta Besar RI untuk Belanda ini menemui Presiden negara tersebut Jacob Zuma.

Retno diterima Zuma dikediaman resminya di Cape Town. Dalam kesempatan tersebut Retno menjalankan tugasnya sebagai utusan Presiden Joko Widodo untuk IORA.

"Saya menyampaikan undangan Presiden RI kepada Presiden Zuma untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi IORA di Jakarta pada 7 Maret 2017, ” jelas Retno kepada Liputan6.com, Selasa (7/2/2017).

Selain menyampaikan undangan KTT IORA, Retno menyampaikan Afrika merupakan prioritas diplomasi RI pada 2017. Indonesia berniat untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara di benua tersebut.

"Afrika merupakan kawasan yang memiliki potensi  besar, sehingga penting bagi Indonesia untuk terus meningkatkan dan memperluas kerja sama di kawasan ini khususnya dengan Afrika Selatan,“ ucap dia.

Mengetahui Afrika jadi prioritas, Presiden Afsel menyambut baik hal tersebut. Ia menekankan lambatnya perekonomian dunia mengharuskan kedua negara untuk mengetahui secara pasti area kerja sama yang dapat dilakukan.

Selain itu, Presiden Zuma juga menekankan perlunya Pemerintah kedua negara kerja lebih keras mendorong para pengusaha untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.