Sukses

RI Sesali Kebijakan Anti-Imigran Muslim, Ini Reaksi Dubes AS

Donald Trump mengeluarkan kebijakan eksekutif terkait pelarangan masuknya warga negara dari tujuh negara Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada pekan lalu mengeluarkan pernyataan terkait perintah eksekutif Presiden AS Donald Trump yang melarang warga dari tujuh negara Islam masuk ke Negeri Paman Sam.

Retno menyatakan, Indonesia sangat menyesalkan kebijakan tersebut. Menurut dia, perintah eksekutif akan berdampak negatif pada upaya global memerangi terorisme.

Pernyataan tersebut segera direspons Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan. Dirinya mengaku telah mendengar pernyataan dari pemerintah.

"Kita hargai opini dari Indonesia," ucap Donovan di kantor Kementerian Agama di Jakarta, Selasa (7/7/2017).

Donovan memastikan pendapat dari Indonesia tidak akan mereka acuhkan. Hal ini karena, sebagai sahabat masukan dari RI penting bagi negaranya.

"Indonesia dan AS bisa belajar satu sama lain. AS juga selalu mendengar masukan-masukan dari mitra-mitra penting, seperti Indonesia," ucap dia.

Selain Menlu, jubir Kemlu Arrmanatha Nasir menegaskan pemerintah RI punya alasan kenapa menyesalkan kebijakan perintah eksekutif dari AS ini.

"Kami percaya ini akan memberikan efek negatif dalam hal pembahasan isu pengungsi," ujar Tata.

Kendati mengaku menyesal, Tata menekankan masyarakat tak perlu panik berlebihan. WNI dipastikan masih bisa masuk ke AS sesuai aturan berlaku.

"Dari pernyataan Kedutaan AS di sini, segalanya berjalan normal. WNI masih bisa mengajukan visa ke AS," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini