Sukses

Detik-Detik Ular Keok Lawan Laba-Laba

Dalam rekaman yang beredar di dunia maya, tubuh ular besar itu terlihat bergerak ke sana ke mari. Tapi upaya melepaskan diri itu sia-sia.

Liputan6.com, Jakarta - Ular merupakan salah satu hewan yang cukup ditakuti. Ular ditakuti oleh manusia maupun binatang lain karena memiliki racun yang mematikan.

Bisa mematikan yang dipadu dengan kegesitan gerak membuat reptil yang satu ini kerap dihindari. Sebab, fatal akibatnya jika berurusan dengan ular karena hal itu bisa saja berujung pada kematian.

Namun siapa sangka ternyata seekor ular tak berdaya setelah tersasar ke sarang laba-laba mematikan.

"Aku sedang menuju ke dalam gudang taman ketika mendapati seekor ular tengah berjuang membebaskan dirinya setelah terjebak ke dalam sarang laba-laba redback," ujar Carmel Munro dari Vinifera, Australia, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (12/1/2017).

Dalam rekaman yang beredar di dunia maya, tubuh besar ular itu terlihat bergerak ke sana ke mari membebaskan diri. Namun, upaya melepaskan diri itu sia-sia karena laba-laba beracun kemudian mendekatinya dan hendak menyuntikkan racun.

Peristiwa itu terjadi pada 9 Januari awal tahun ini.

Rasa kasihan pada ular ini menggerakkan hati Munro untuk menolongnya. Namun, ia tidak merealisasikan hal tersebut karena Barry, pasangan Munro, mengatakan bahwa hal itu alamiah dan sebaiknya dibiarkan saja.

Berikut ini cuplikan videonya:

Sebenarnya redback tak hanya mengancam para hewan saja, melainkan juga manusia karena laba-laba ini adalah salah satu spesies yang bisa jadi sangat mematikan bagi korbannya.

Selain bisa berakibat fatal menyebabkan kematian, racunnya juga mampu menimbulkan beberapa gejala pada manusia seperti rasa sakit yang hebat, mual, muntah, sakit kepala, dan agitasi.

Sementara itu, sebenarnya tidaklah sulit untuk mengidentifikasi laba-laba jenis redback ini. Seperti yang ditampilkan dalam beberapa dokumentasi, tubuh redback berbentuk bulat hitam dengan garis merah yang menonjol pada perutnya.

Selain itu, mereka biasanya memangsa serangga berukuran besar, burung-burung kecil, dan kadal. Meskipun demikian, manusia rasanya tetap perlu waspada karena umumnya saat malam hari redback hidup di daerah yang hangat dan seringkali berdekatan dengan tempat tinggal manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.