Sukses

Heboh 'Gundu' Ditemukan di Mars

Sebuah kelompok pencinta teori konspirasi mengklaim telah melihat sebuah benda kecil mirip gundu di Mars.

Liputan6.com, Houston - Jika ada kehidupan di planet Mars, itu bisa jadi adalah sebuah permainan semata. Hal itu menurut kelompok teori konspirasi yang mengklaim telah melihat sebuah benda kecil mirip gundu di Mars.

Penampakan itu terekam oleh wahana Mars, Rover Curiosity pada 1 Januari 2017, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (10/1/2017). Dalam gambar tersebut, menunjukkan sebentuk benda kecil berwarna gelap di antara debu di planet merah dan batuan terjal.

Beberapa menduga itu adalah gundu. Tapi penjelasan yang lebih mungkin adalah bahwa itu adalah contoh dari benda-benda kecil asli Mars, diperkirakan terbentuk ketika gunung berapi menyemprotkan lava ke udara.

Sebuah gambar hitam putih yang diambil pada 20 Desember 2016 menunjukkan sebentuk bola di tempat yang sama, meskipun debu Mars tampaknya telah menutup batu sekitarnya sejak saat itu.

Foto-foto itu diambil oleh NASA Curiosity - yang telah meneliti permukaan Mars sejak mendarat pada 2011 - menggunakan kamera tiang.

Hal yang paling mungkin terkait temuan pada gambar itu adalah benda-benda kecil Mars.

Sebelumnya, pernah ada temuan serupa yang dikenal blueberry -- karena warna biru yang terlihat pada benda-benda di gambar warna semu. Benda kecil Mars itu ditemukan oleh rover Opportunity Mars pada tahun 2004.

Satu teori yang mengemuka tentang penemuan itu adalah bola yang terbentuk ketika lava gunung berapi yang menyembur ke angkasa atau dampak meteor melintas.

Teori lain yang memicu terbentuknya benda itu, ketika air tanah mengalir melalui batuan berpori dan menciptakan reaksi kimia yang menyebabkan mineral besi mengendap menjadi benda kecil seperti bola berlapis.

"Sejumlah proses geologi langsung dapat menghasilkan benda-benda berbentuk bulat," kata Dr Hap McSween, seorang anggota tim sains Opportunity dari University of Tennessee, Knoxville.

Temuan gundu ini adalah yang terbaru dalam serangkaian 'penemuan' benda-benda aneh di Mars yang memicu timbulnya teori konspirasi.

Bulan lalu, para penggemar makhluk asing percaya bahwa mereka telah menemukan sebuah petunjuk kehidupan di Mars -- sendok.

Temuan 'sendok' ini adalah yang kedua kalinya di Mars dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu diklaim itu bisa menjadi bukti ada kehidupan maju di planet tersebut.

Berikut ini cuplikan video temuan benda mirip sendok di Planet Mars.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.