Sukses

Gigi Tajam Buaya Lawan Belitan Maut Ular Piton, Siapa Menang?

Ular-ular piton membinasakan hewan-hewan lokal di Florida setelah dilepaskan oleh para pemilik mereka dalam 3 dekade belakangan ini.

Liputan6.com, Ochopee - Buaya adalah salah satu pemangsa yang ditakuti karena dikenal sangat mematikan.

Tapi, ketika bertemu dengan lawan yang sepadan, seekor buaya pun berganti peran menjadi mangsa.

Dikutip dari Palm Beach Post pada Rabu (4/1/2017), seorang penulis harian tersebut menyaksikan peristiwa langka di alam liar di negara bagian Florida.

Hanya sekitar 4 meter dari jalan Loop Road, ia menyaksikan seekor buaya besar menaikkan ekornya ke permukaan air dalam posisi tubuh sedang terbalik, lalu tenggelam lagi ke dalam air.

Pada 21 Desember 2016, Joe Capozzi sedang mengayuh sepeda gunung menyusuri Grassy River Preserve dalam perjalanan mendaki ke Everglades National Park di luar Miami.

Sekitar 11 kilometer di selatan Tamiami Trail, ia menyaksikan pertarungan tersebut.

Kejadian yang disaksikannya memang bukan sejak awal, tapi jelaslah bahwa buaya berukuran 1,8 meter tersebut berjuang mati-matian. Buaya malang tersebut hanya terlihat melawan dengan mengibaskan ekornya berulang-ulang.

Gigitan buaya tersebut seperti menerjang angin. Tidak mengenai apapun, sementara belitan ular Asia Tenggara itu semakin ketat. Kejadian berlangsung setidaknya selama 10 menit saja, lalu Capozzi pergi meninggalkan tempat kejadian.

Ketika ia kembali lagi ke tempat pertarungan sekitar 1 jam kemudian, ular piton itu masih di sana sedang membelit mangsanya.

Ular piton Burma yang sedang membelitnya berukuran panjang sekitar 4,5 meter, demikian menurut warga setempat sekaligus pemandu wisata yang belakangan menyaksikan rekaman video oleh Capozzi.

Menurut pihak berwenang negara bagian Florida, rekor ular piton Burma yang pernah tertangkap di sana adalah seekor ular berukuran 5,7 meter.

David True, seorang petugas kehutanan di Big Cypress National Preserve, mengatakan, "Video itu luar biasa. Tidak bisa disaksikan setiap hari. Ahli biologi di taman sangat tertarik untuk melihatnya."

Menurut brosur "Alien Invaders: Burmese Pythons", hewan yang termasuk dalam daftar satwa terancam punah itu bisa berkembang hingga lebih dari 6 meter di tempat asalnya di Asia Tenggara.

Ular-ular piton membinasakan hewan-hewan lokal di Florida setelah dilepaskan oleh para pemilik mereka dalam 3 dekade belakangan ini dengan alasan tidak mampu lagi memeliharanya.

Saksikan pertarungan itu di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.