Sukses

Paling Anyar, Ini Rahasia Umur Panjang untuk Kaum Perempuan

Mencapai usia yang panjang didasari oleh beberapa faktor. Bagi wanita ini salah satu faktornya.

Liputan6.com, London - Sebuah penelitian terhadap faktor yang dapat membuat seorang perempuan memiliki umur panjang menemukan fakta mengejutkan: ternyata, melahirkan anak di atas usia 25 tahun berpeluang membuat wanita mencapai umur 90 tahun.

Hasil penelitian yang dilaporkan dalam IBTimes.co.uk, Jumat (18/11/2016), menyebutkan, pada riset pertama yang mengaitkan umur panjang dan usia melahirkan perempuan, peneliti menemukan adanya hubungan antara 'terlambat' menikah dengan pencapaian usia 90 tahun.

Dari abad ke abad, umur perempuan dalam memiliki anak mengalami peningkatan. Di Inggris, rata-rata wanita melahirkan anak mereka kini adalah pada usia 28 tahun, dan pada 2014, 52 persen persalinan dilakukan oleh ibu usia 30 tahun.

Meningkatnya usia persalinan anak pertama itu terus meninggi sejak 1970-an, di mana kala itu rata-rata ibu melahirkan adalah umur 26 tahun.

Biasanya banyak alasan yang menjadikan perempuan 'menunda' memiliki anak seperti melanjutkan pendidikan, pekerjaan, biaya membesarkan anak, dan permasalahan rumah tangga.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Public Health, peneliti dari University of California San Diego School of Medicine menemukan bahwa 54 persen dari 20.000 perempuan hidup hingga usia 90 tahun atau lebih.

Peserta studi jangka panjang tersebut merupakan perempuan yang telah diamati hidupnya sejak 1991, hingga 21 tahun kemudian.

Ilustrasi Wanita Hamil

Tim peneliti mengamati usia ibu-ibu itu saat mereka melahirkan anak pertama, berapa anak yang dimiliki, dan apakah mereka mencapai usia 90 tahun.

Hasil studi menunjukkan bahwa seorang perempuan yang melahirkan anak di atas usia 25 tahun memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama.

Penemuan tersebut juga menunjukkan ibu yang memiliki dua atau empat anak, juga memiliki kesempatan yang sama dari pada mereka yang hanya memiliki satu anak.

Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa perempuan yang hidup hingga usia 90 tahun memiliki pendidikan yang lebih tinggi setelah itu menikah dan memiliki pendapatan lebih tinggi.

Mereka juga tidak mengalami obesitas atau kegemukan, serta tidak memiliki catatan penyakit kronis.

"Kami menemukan bahwa wanita yang melahirkan anak pertama pada usia 25 tahun atau lebih, hidup lebih lama hingga umur 90 tahun. Begitu juga dengan ibu yang memiliki dua atau empat anak, memiliki kesempatan hidup hingga sembilan dekade," kata pimpinan penelitian, Aladdin Shadyab.

Walaupun begitu, peneliti mengatakan penemuan itu seharusnya tidak menyemangati perempuan untuk menunda memiliki anak, karena adanya potensi komplikasi pada ibu yang telah berumur.

Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk melihat hubungan melahirkan dengan umur panjang.

"Mungkin saja melahirkan dengan selamat pada usia tidak muda menjadi salah satu indikator kesehatan yang prima, dan sebagai hasilnya, kesempatan hidup lebih lama. Mungkin saja mereka memiliki status sosial dan ekonomi yang lebih tinggi," kata Shadyab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini