Sukses

Berlian Biru Langka 8 Karat Dilelang Rp 334 Miliar, Tertarik?

Meskipun hanya satu dari 345 item langka yang ditawarkan oleh Sotheby, berlian ini menjadi sorotan di katalog lelang.

Liputan6.com, Jenewa - Sebuah berlian biru langka akan dijual di pasar lelang, diperkirakan mencapai US$ 25 juta sekitar Rp 334 miliar (dengan kurs dolar 1$ sama dengan Rp 13.365).

Berlian 8,01 karat berpotongan persegi 'Sky Blue Diamond' itu dilelang di Sotheby Magnificent Jewels dan Noble Jewels pada 16 November di Jenewa, Swiss. Batu perhiasan itu adalah salah satu berlian biru terbesar dari jenisnya yang pernah dijual di lelang.

Meskipun hanya satu dari 345 item langka yang ditawarkan oleh Sotheby, berlian langka ini menjadi sorotan di katalog lelang.

Item lainnya adalah berlian bros Rusia paling bersejarah dari Abad ke-18, senilai antara US$ 3 dan US$ 5 juta dan berlian merah muda 17,07 karat yang dijual lebih dari US$ 12.200.000.

Menurut klasifikasi Gemological Institute of America (GIA), Sky Blue Diamond yang dimasukkan dalam cincin Cartier ini masuk dalam katogori Fancy Vivid Blue dari warna alami dengan VVS1 - atau hampir sempurna.

Dalam menggambarkan berlian, GIA menggunakan kategori 'Fancy' dan 'Vivid' sebagai kata sifat. Terminologi sebenarnya yang digunakan oleh para ahli berlian untuk menentukan nilai dari batu langka.

"Fancy Vivid Blue sangat spesial, menggambarkan kasta warna tertinggi untuk berlian ini," kata ahli berlian Tobias Kormind kepada CNN yang dikutip dari CNN, Senin (14/11/2016).

Apa yang membuat Sky Blue Diamond sangat menarik bukan hanya 'kastanya', tetapi juga warnanya.

"Biru adalah warna kepercayaan, kejujuran, kesetiaan, keandalan dan tanggung jawab. Warna idealis ini menginspirasi cita-cita yang lebih tinggi, dan membangkitkan kedamaian dan ketenangan," kata Sotheby di catatan katalog terkait batu perhiasan tersebut.

Berlian biru itu langka. Meski harga untuk permata berwarna lainnya juga meningkat akhir-akhir, tapi permintaan jenis biru itu melonjak dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan November 2015, berlian biru 12,03 karat dibeli oleh pengusaha Hong Kong Joseph Lau senilai US$ 48.400.000. Pembelian itu menjadi berita utama pada saat itu, sebagai berlian paling mahal di dunia yang pernah dijual.

Lau, yang menamai permata itu "The Blue Moon of Josephine" menggunakan nama putrinya yang berusia 7 tahun, juga telah membeli berlian pink 16,08 karat pada hari sebelumnya. Permata itu ia bawa pulang setelah membayar US$ 28.500.000. 

Pada Mei 2016, biru berlian terbesar di dunia -- sebuah permata 14,62 karat yang disebut 'The Oppenheimer  Blue' -- mencuri gelar dari berlian biru yang paling mahal di dunia yang pernah ada karena terjual US $ 57.500.000.

Saat ini berlian biru termahal masih dipegang 'The Oppenheimer Blue'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini