Sukses

Ribuan Bola Salju Raksasa Penuhi Pantai Siberia, Telur Alien?

Penduduk lokal Desa Nyda di Semenanjung Yamal yang terletak di atas Kutub Artik tak pernah melihat pemandangan seperti itu.

Liputan6.com, Siberia - Pemandangan aneh sekaligus indah terlihat di Teluk Ob, di Siberia. Hal itu terjadi setelah ribuan bola salju mengapung di pantai itu.

Sepanjang 18 kilometer garis pantai dipenuhi oleh ribuan bola salju. Bulatan itu memiliki ukuran bermacam-macam. Dari sebesar bola tenis hingga berdiameter 1 meter.

Itu adalah sebuah fenomena langka dari alam ketika salju terhembus diputar oleh angin dan air. Akhirnya menjadi bola es. Demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (6/11/2016).

Penduduk lokal Desa Nyda di Semenanjung Yamal yang terletak di atas Kutub Artik mengatakan mereka tak pernah melihat pemandangan seperti itu.

"Itu adalah jelas fenomena alam-- bola es. Mereka terbentuk akibat dari efek angin, garis pantai, dan temperatur," kata Sergei Lisenkov, juru bicara Artic and Antartic Research Institute.

"Itulah kombinasi keseluruhan sehingga membentuk es seperti itu," lanjutnya.

Fenomena bola es meski langka namun pernah terjadi di Teluk Finlandia pada Desember 2014. Juga terjadi di Danau Michigan AS, pada Desember 2015.

Karena langka, netizen Beruang Merah menertawakan hal itu. "Sebentar lagi, teluk akan diinvasi oleh telur snowsaurus. Jangan-jangan itu telur alien," kata pembaca di TJournal news yang mengaku bernama Anton Antonov.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini