Sukses

Pelat Nomor Cantik 88888, Mengundang Keberuntungan atau...

Polisi Tiongkok tak percaya sebuah mobil seharga Rp 59 juta dipasangi pelat nomor khusus senilai Rp 2 miliar.

Liputan6.com, Zhengzhou - Seorang pemilik kendaraan pikap di China yakin bahwa pelat nomor dengan angka keberuntungan akan mendatangkan nasib baik kepadanya. Namun pengalaman yang didapat justru sebaliknya.

Seorang pria bermarga Liu baru saja membeli kendaraan seharga 30 ribu RMB (renminbi) sekitar Rp 59 juta. Demi keberuntungan, ia rela merogoh kantong hingga 1 juta RMB atau berkisar Rp 2 miliar, agar mendapatkan nomor cantik bagi kendaraan barunya. 

Tidak tanggung-tanggung, pelat nomor kendaraannya memiliki lima angka 8 yang dianggap sebagai angka keberuntungan dalam budaya China.

Kenyataannya, seperti dikutip dari Shanghaiist.com pada Rabu (29/6/2016), pada hari pertama menggunakan pelat tersebut, mobilnya dihentikan polisi setempat setidaknya delapan kali.

Lantas apa yang menyebabkan ia dihinggapi masalah. Karena pelat nomor atau cara berkendaranya?

Nomor cantik di Beijing dan provinsi Guangdong. Polisi China tidak percaya sebuah mobil seharga Rp 59 juta dipasangi plat nomor khusus senilai Rp 2 miliar. (Sumber Shanghaiist.com)

Ternyata, menurut NetEase, polisi menghentikannya bukan karena cara mengemudi yang salah atau ugal-ugalan. Petugas mengira pelat nomor itu palsu.

Masih menurut NetEase, ia pertama kali dihentikan pada 26 Juni lalu di Zhengzhou, Provinsi Henan.

Dalam bahasa Mandarin, penyebutan angka 8 berbunyi seperti "kesejahteraan" atau "kekayaan". Dalam dialek Kanton, bunyinya seperti "keberuntungan".

Dengan demikian, pelat nomor dengan beberapa angka 8 merupakan status simbol dan harganya bisa setara dengan mobil murah. Jadi jangan heran kalau polisi menangkap Liu.

Melihat mobilnya, sukar dipercaya kalau pelat nomor itu memang milik Liu. Namun demikian, polisi hanya bisa bungkam ketika mendapati bahwa SIM dan STNK kendaraan itu memang cocok dengannya.

Diduga, para petugas itu lalai memberitahu rekan-rekannya, karena kemudian Liu dihentikan lagi oleh polisi lainnya.

omor cantik di provinsi Zhejiang dan provinsi Henan. Polisi China tidak percaya sebuah mobil seharga Rp 59 juta dipasangi plat nomor khusus senilai Rp 2 miliar. (Sumber Shanghaiist.com)

Tentu saja Liu bukan satu-satunya pemilik pelat nomor 88888 di China. Ada beberapa mobil di sejumlah provinsi lain yang memiliki pelat nomor cantik itu, tapi kendaraannya jauh berbeda dengan milik Liu.

Awal tahun ini netizen heboh setelah seorang jurnalis melaporkan begitu banyaknya mobil mewah dengan pelat nomor khusus, parkir di luar gedung pemerintah di Dongguan. Namun, tidak satu pun yang memiliki hingga empat angka 8.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.