Sukses

Piringan Misterius di Puncak Gunung, Fenomena Alam atau UFO?

Sebuah gumpalan asap menyerupai lingkaran berdimensi ini terlihat seperti UFO. Heboh diperbincangkan.

Liputan6.com, Sicily - Ada pemandangan unik diabadikan dalam foto yang marak beredar belakangan ini. Terlihat seperti cuplikan film alien versi Hollywood, saat pesawat luar angkasa mendarat di Bumi.

Sebuah gumpalan asap menyerupai lingkaran berdimensi, yang terlihat seperti UFO, heboh diperbincangkan dan menimbulkan pertanyaan. Apakah gerangan sebenarnya benda tersebut?

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (24/6/2016), benda yang sering diduga sebagai UFO tersebut, ternyata merupakan formasi gumpalan awan yang terbentuk pada lapisan terendah atmosfer, disebut Awan Lenticular.

Awan lenticular yang terlihat di Sicilia, Italia, terbentuk akibat adanya tiupan uap air melewati puncak gunung dan menetes pada sisi lain gunung.

Awan lenticular yang terlihat di Sicily, Italia, terbentuk akibat adanya tiupan uap air melewati puncak gunung dan menetes pada sisi lain (Dailymail.com).

Gunung bertindak seperti bebatuan di aliran air, menciptakan gelombang udara pada kedua sisi gunung.

Ketika udara naik, uap air mendingin dan mengembun di puncak gelombang, membentuk awan. Namun, awan tersebut akan menghilang ketika gelombang udara turun jauh dan mulai mengering.

Hal tersebut membuat awan berbentuk seperti piringan yang seimbang, walaupun udara melewati piringan tersebut.

Awan lenticular yang terlihat di Sicily, Italia, terbentuk akibat adanya tiupan uap air melewati puncak gunung dan menetes pada sisi lain (Dailymai.com).

Pilot pesawat, biasanya menghindari awan tersebut, karena perputaran angin naik dapat menimbulkan turbulensi.

Tapi para pencinta terbang layang, memburu angin ini, karena arus udara yang ditimbulkan awan tersebut dapat membantu mereka melambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini