Sukses

Ini Temuan Fosil Makhluk Mistis 'Naga' ?

Seekor naga kerap disebut sebagai hewan dalam mitologi sejumlah budaya dunia. Apakah fosil ini menjadi bukti keberadaannya?

Liputan6.com, Kunming - Temuan fosil di Provinsi Yunnan mengusik rasa penasaran manusia tentang keberadaan naga, yang selama ini disebut-sebut sebagai hewan mitologi.

Fosil sepanjang 130 cm berdiameter 17 cm itu ditemukan di dekat sebuah sungai di kabupaten Zhenxiong, Provinsi Yunnan awal bulan ini. 

Menurut laporan Xinhua yang dikutip pada Selasa (21/6/2016), warga desa setempat percaya bahwa fosil itu berasal dari ular boa dan bahkan ada yang membayangkannya berasal dari naga.

Dugaan tentang hewan dalam legenda China ini muncul karena adanya sisik pada permukaan fosil tersebut. Namun demikian, sebagian fosil tersebut telah dicuri dan hanya sebagian kecil saja yang berhasil diselamatkan oleh pihak berwenang.

Seekor naga kerap disebut sebagai hewan dalam mitologi sejumlah budaya dunia. Apakah fosil ini menjadi bukti keberadaannya? (Sumber Xinhua)

Mereka yang percaya telah menemukan fosil naga akhirnya kecewa.

Para ahli arkeologi mengatakan bahwa temuan tersebut bukanlah dari hewan melainkan berasal dari fosil pohon bersisik, yang tumbuh pada akhir Zaman Permian -- suatu masa geologis mulai dari 298,9 hingga 252,17 juta tahun lalu.

Pohon-pohon bersisik tumbuh subur pada masa Carbonifero dan Permian, antara 350 juta hingga 250 juta tahun lalu. Pohon-pohon itu bisa tumbuh hingga 50 meter, demikian menurut Feng Zhuo, seorang profesor di Universitas Yunnan.

Ilustrasi pohon-pohon dari masa Permian akhir, termasuk spesies Gigantopterid. (Sumber Potonie (1899) Lehrbuch der Pflanzenpalaeontogie. Ferdinand Dümmler Verlagsbuchhandlung, Berlin via seedbiology.de)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini