Sukses

Beli Senjata di AS Lebih Mudah Dibanding Adopsi Hewan atau Cerai

Faktanya cukup menarik, di Negeri Paman Sam membeli senjata jauh lebih mudah dan cepat dibanding mengadopsi hewan peliharaan.

Liputan6.com, Washington, DC - Pasca-penembakan di Orlando, isu kepemilikan senjata api di Amerika Serikat (AS) kembali ramai diperbincangkan. Faktanya, memang cukup mengejutkan karena hukum di Negeri Paman Sam 'membiarkan' senjata beredar dengan bebas.

Jika ingin membeli senjata dari toko, identitas pembeli akan diperiksa dan butuh waktu untuk menunggu, namun itu tidak akan lama. Lantas jika ingin membeli senjata dari pihak swasta pun prosesnya tidak akan terlalu sulit.

Berikut beberapa perbandingan antara kemudahan mendapatkan senjata dan sejumlah hal lain termasuk di antaranya SIM, paspor, obat-obatan, perceraian, bahkan hewan peliharaan.

1. SIM Vs Senjata

SIM: Untuk memperoleh SIM, warga AS harus menyerahkan identitas dan lulus tes penglihatan serta tes tertulis. Pastinya, mereka juga harus lulus tes mengemudi.

Namun tidak semua negara bagian memiliki aturan yang sama, seperti Maryland misalnya yang memberlakukan status percobaan selama beberapa bulan.

Senjata: Tidak butuh pengetahuan atau tes khusus. Dari 52 negara bagian di AS, hanya 13 negara bagian yang memiliki aturan pembeli senjata harus memiliki surat izin. Tidak ada masa percobaan setelah pembeli mendapatkan senjata.

2. Paspor Vs Senjata

Paspor: Sama halnya di kebanyakan negara lain di dunia, untuk membuat paspor warga AS harus menyerahkan identitas, beberapa dokumen, dan foto. Lalu butuh waktu sekitar enam minggu hingga paspor benar-benar rampung.

Senjata: Para penjual senjata di toko khusus lazimnya hanya akan melakukan pengecekan di Sistem National Instant Criminal Background Check milik badan intelijen federal AS, FBI -- ini adalah sistem untuk memeriksa apakah nama dan tahun lahir calon pembeli senjata sesuai dengan identitas asli mereka. Proses ini hanya makan waktu selama beberapa menit.

Yang harus dilakukan pembeli selanjutnya cukup mudah, meletakkan uang di meja dan senjata pun sudah berada di tangan. Jika membeli dari pihak swasta maka prosesnya jauh lebih mudah karena di sejumlah negara bagian tidak melalui proses pemeriksaan latar belakang identitas.

3. Obat Demam Vs Senjata

Obat: Negeri Paman Sam memiliki aturan terkait pembatasan pembelian obat demam setiap bulannya -- demi menghindari penyalahgunaan obat tersebut. Karena bahan aktif dalam obat demam adalah pseudoephedrine, bahan utama dalam pembuatan sabu-sabu.

Senjata: Sementara di AS, tidak ada satu pun hukum federal yang membatasi berapa banyak seseorang dapat membeli senjata.

4. Perceraian Vs Senjata

Perceraian: Di sejumlah negara bagian AS, setidaknya butuh waktu enam bulan untuk menyelesaikan kasus perceraian.

Senjata: Terlepas dari melakukan pembelian secara online atau langsung, tidak ada periode menunggu untuk membeli senjata kecuali di sembilan negara bagian. Namun proses menunggu itu pun tidak lama, hanya beberapa hari hingga senjata itu benar-benar sampai ke tangan pembeli.

5. Hewan Peliharaan Vs Senjata

Hewan Peliharaan: Dalam kebanyakan kasus, mereka yang berniat mengadopsi hewan peliharaan harus memberikan identitas bahkan tak jarang diminta untuk menunjukkan referensi pribadi. Lazimnya, rumah mereka pun akan diperiksa terlebih dahulu sebelum hewan peliharaan itu diserahkan.

Senjata: Sama sekali tidak diminta referensi pribadi juga tidak ada pemeriksaan kembali ke rumah calon pembeli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini