Sukses

Aksi Heroik Penjaga Kolam Selamatkan Balita Nyaris Tenggelam

Ketika membawa balita berenang, masih ada orangtua yang kurang cermat mengawasi anak di dalam kolam renang sehingga membahayakan nyawa.

Liputan6.com, North Charleston - Saat bersenang-senang di kolam renang dapat berubah menjadi tragedi hanya dalam hitungan kurang dari 1 detik. Apalagi jika melibatkan anak-anak yang masih sangat kecil atau belum terlatih berada di dalam air.

Seperti yang Liputan6.com kutip dari Daily Mail pada Selasa (14/6/2016). Dalam tayangan singkat yang beredar, terlihat detik-detik menegangkan ketika seorang penjaga kolam menyelamatkan seorang balita yang nyaris tenggelam. 

Pada saat kejadian, balita perempuan itu bersama-sama dengan puluhan pengunjung lainnya sedang berada di dalam kolam ombak di negara bagian South Carolina, AS.

Terlihat bagaimana petugas penyelamat itu memantau keadaan kolam renang ketika sistem pembuat ombak mulai dinyalakan di kolam renang. Namun saat pengunjung dewasa dan anak-anak sedang bergembira sambil mengapung menggunakan ban pelampung, petugas melihat si balita seperti timbul-tenggelam di kolam.

Dengan sigap, ia meniup peluit tanda bahaya sambil melompat ke dalam air untuk meraih balita yang sudah mulai gelagapan. Sementara petugas lainnya mematikan gelombang dalam kolam.

Aksi itu sempat membuat para pengunjung tampak kebingungan.

Ketika membawa balita berenang, masih ada orangtua yang kurang cermat mengawasi anak di dalam kolam renang sehingga mengundang bahaya. (Sumber video unggahan Lifeguard Rescue)

Lalu si petugas yang melompat ke kolam meraih balita dan membawanya ke tepi.

"Saya harus membawa anak ini berkeliling hingga akhirnya bertemu dengan keluarganya. Mereka tidak sadar anak tersebut sudah tidak nampak," kata petugas penyelamat yang tidak diketahui namanya.

"Saya sudah melakukan tugas ini selama 18 tahun dan masih geleng-geleng kepala, melihat kurangnya pengawasan orangtua terhadap anak mereka ketika berada di dalam air," imbuh pemuda itu.

Beberapa orang di situs berbagi video menyampaikan komentar mereka. Salah satunya menuliskan, "Siapapun yang membiarkan anak berusia 3 tahun masuk ke dalam kolam ombak sendirian tanpa rompi keselamatan harus didakwa pidana karena lalai."

Dari penelusuran laman The Genesis Project, diketahui bahwa kolam yang dimaksud berada di Whirlin' Waters Adventure Waterpark, bagian dari North Charleston Wannamaker County Park di North Charleston, negara bagian South Carolina.

Berikut ini aksi heroik petugas kolam renang dalam upaya penyelamatan itu:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.