Sukses

Video Restoran di Angkasa Jatuh Hebohkan Dunia Maya

Video jatuhnya sebuah restoran Dinner in The Sky di Maroko menyebar luas dan menghebohkan warga Malaysia.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Video berdurasi 1.13 menit yang menunjukkan sebuah restoran Dinner in The Sky (DITS) terlepas dari crane sebelum akhirnya jatuh telah menghebohkan publik Malaysia. Belakangan diketahui video itu palsu.

Rekaman itu menunjukkan di sebuah restoran Dinner in The Sky yang dioperasikan oleh perusahaan telekomunikasi Meditel di Oujda, Meksiko tengah melangsungkan acara makan malam.

Namun tiba-tiba saja terlihat beberapa kali percikan api sebelum akhirnya restoran yang melayang di udara itu terlepas dari crane.

Palsunya video itu dibenarkan oleh perwakilan DITS Malaysia.

"Kami menyadari video, itu adalah video lama dan tak ada yang baru. Awalnya video itu tidak mencapai Asia Tenggara [sampai sekarang] dan perlahan-lahan sampai ke sini. Saya tahu itu terlihat sangat nyata tapi itu palsu," ujar perwakilan DITS Malaysia seperti dilansir Malaysian Digest, Minggu (12/6/2016).

"Pertama kali melihatnya, saya terkejut, dan bahkan saya berpikir, apakah itu benar-benar terjadi? Kami menyadari video itu sama seperti yang pernah kami lihat minggu lalu," imbuh pihak DITS.

Pihak DITS Malaysia menambahkan, awalnya mereka merasa tidak perlu melakukan klarifikasi, namun menyebarnya video palsu ini secara luas membuat mereka akhirnya angkat suara.

"Kami berharap video palsu hal itu tidak akan meluas ke Asia Tenggara, tapi media sosial membuatnya tersebar secara viral. Ini telah tersebar, kita melihat orang-orang sudah memostingnya di media sosial mereka," tegas perwakilan DITS Malaysia.

Pihak DITS juga mempertimbangkan untuk mengambil langkah hukum atas penyebaran video palsu itu.

"Video itu palsu dan kami akan memulai tindakan hukum. Keselamatan pelanggan adalah prioritas utama kami - akan selalu seperti itu. Dan secara teknis, restoran di video yang ada di Maroko itu tidak sama dengan DITS Malaysia,"

Ketika disinggung bagaimana bisa video itu dipalsukan, perwakilan itu kemudian menegaskan tak ada yang tak mungkin dengan kecanggihan teknologi saat ini.

Berikut video palsu yang menghebohkan dunia maya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.