Sukses

Indonesia-Jepang Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan

Salah satu bentuk peningkatan kerja sama adalah dengan melakukan pertukaran mahasiswa akademi sekolah militer.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia merayakan 'Japan Self Defense Forces Day' atau Hari Ulang Tahun Pasukan Bela Dirinya yang ke-62.

Perhelatan yang digelar pada Rabu (1/6/2016) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, tersebut dibuka oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, dan dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah RI dan veteran tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Selain itu, sejumlah atase yang bersangkutan dari berbagai Kedutaan Besar juga turut hadir, seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Myanmar, dan beberapa negara lainnya.

Dalam pidatonya, Dubes Tanizaki mengungkapkan bahwa kerja sama antara Indonesia dengan Jepang di bidang pertahanan dan pemeliharaan keamanan semakin meningkat.

"Pada bulan Maret tahun lalu telah ditandatangani Nota Kesepahaman mengenai kerja sama dan pertukaran di bidang pertahanan," ujar Dubes Tanizaki.

"Lalu di bulan Desember pada tahun yang sama, untuk pertama kalinya diselenggarakan pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Jepang-Indonesia, yang disebut Japan-Indonesia 2+2 Meeting," tambahnya.

Dalam perhelatan tersebut, Atase Pertahanan Kedutaan Besar Jepang yakni Hiroshi Komiya juga turut hadir.

Kolonel Angkatan Laut itu mengatakan, kerja sama Jepang dengan Indonesia di bidang pertahanan adalah dengan melakukan pertukaran mahasiswa sekolah akademi militer.

"Satu orang siswa kami yang berasal dari Jepang tengah bersekolah di akademi militer Indonesia," ujar Komiya.

Tak hanya itu, ia juga menuturkan kerja sama pertahanan Jepang-Indonesia dapat dilihat dengan adanya latihan bersama di Padang yang diikuti perwakilan angkatan laut dari seluruh dunia.

Dalam akhir pidatonya, Dubes Tanizaki juga berharap agar kerja sama di bidang pertahanan, termasuk pertukaran personil antara Jepang dengan Indonesia akan semakin meningkat ke depannya.

"Seiring dengan peringatan Hari Ulang Tahun Pasukan Bela Diri Jepang, kami mendoakan agar Jepang dan Indonesia semakin makmur dan pertukaran antara Pasukan Bela Diri Jepang dan Tentara Nasional Indonesia semakin meningkat di masa depan," tutup Tanizaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini