Sukses

Penampakan 'Monster' Berlengan 8 di Laut Dangkal

Lokasi temuan 'monster' berlengan delapan ini cukup mengejutkan.

Liputan6.com, Herne Bay - Ada yang tak biasa dengan hewan yang kerap dianggap sebagai monster laut dalam. Sebab binatang air berlengan delapan ini terlihat berkeliaran di perairan dangkal.

Gurita berukuran sekitar 60 cm tersebut terlihat sedang berada di perairan yang dalamnya hanya sekitar 30 cm.

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (21/5/2016), temuan ini termasuk sangat jarang. Itu karena hewan moluska bertubuh lunak itu umumnya hidup di habitat berbatu-batu di kedalaman laut.

Seorang warga Desa Herne Bay, Alex Sturridge yang melihat monster laut dalam itu di perairan dekat rumahnya. 

"Kami sedang menyusuri perairan ketika ada gelombang datang. Kami sempat tersapu dan saudara perempuanku melihat gurita itu," kata Sturridge.

"Kedalaman air hanya sekitar 30 cm dan gurita itu menyembul ke permukaan. Saya heran ia mulai berenang ke tepi. Kami berdiri di depannya dan mencoba mengusirnya kembali ke tengah, namun ia tenang saja di tepi air."

"Ombak berdatangan sesudahnya dan itulah terakhir kalinya kami melihat dia. Panjangnya sekitar 60 cm, lumayan besar. Belum pernah melihat yang seperti ini," kata manajer kesehatan dan keamanan berusia 34 tahun itu.

Gurita memang bisa ditemukan selatan Inggris, tapi sangat jarang terlihat oleh pengunjung pantai. Alasannya, gurita hidup di celah-celah dasar laut yang lebih dalam dan kerap tertangkap dalam jaring nelayan.

Lokasi temuannya juga lebih mengejutkan lagi, karena spesies ini lebih menyenangi air berbatu, bukan yang berlumpur seperti di pantai utara Kent.

Alix Harvey, pemimpin ahli kehidupan air di Marine Biological Association UK, mengaku sulit untuk secara pasti mencirikan spesies itu. Namun ia sepakat bahwa memang tak lumrah melihat gurita berada dekat ke pantai.

"Menurut saya, kemungkinan besar ini adalah jenis Eledone cirrhosa, yang merupakan spesies lazim di Inggris. Semua yang saya pelihara memang spesies itu."

"Tapi, kalau lebih besar dari 50 cm, mungkin itu Octopus vulgaris yang tidak terlalu lazim di perairan Inggris."

"Keduanya terutama ditemukan di pantai berkarang, jadi tidak biasanya terlihat di pantai berpasir. Spesies Eledone cirrhosa tersebar luas di seluruh Inggris dan Islandia. Juga di Laut Tengah. Di Inggris, ia ditangkap secara komersial di sana."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini