Sukses

Bayi Little Monkey Operasi Potong 'Buntut'

Ekor yang menjulur di punggungnya diduga merupakan kelainan pembentukan selongsong saraf pada tulang belakang.

Liputan6.com, Yibin - Bayi 11 bulan bernama Yang Yang ini dijuluki 'little monkey' atau monyet kecil. Julukuan itu diberikan gara-garanya ia terlahir dengan 'buntut' sepanjang 15 cm.

Balita di Tiongkok ini memiliki 'buntut' akibat mengalami kelainan perkembangan janin.

Menurut People's Daily, yang dikutip dari Daily Mail, Sabtu (21/5/2016), 'ekor' yang menjulur di antara bokong Yang Yang merupakan neural tube deformity -- akibat tidak sempurnanya pertumbuhan dan perkembangan sistem tabung saraf pada masa janin.

Ketika berada pada masa embrio, tumbuh struktur yang disebut neural tube yang akan membentuk tulang belakang dan sistem saraf. Diperkirakan ada masalah pada proses tersebut yang membuat bagian tersebut tak berkembang sempurna.

Balita lelaki itu memiliki lubang di tulang punggung dan selaput pelindung sum sum tulang belakang mencuat ke luar menjadi 'menigocele' yang tampak seperti buntut.

 

 

Menurut ibunya, para dokter tidak memberi tahu apa pun selama pemeriksaan kehamilan. Dan ketika Yang Yang akhirnya dilahirkan secara caesar di kota Yibin, Provinsi Sichuan, ia terkejut melihat 'ekor' tersebut.

Namun demikian, nenek bayi dengan 'buntut' itu malah menganggap hal itu sebagai sesuatu yang baik, karena cucunya dianggap bisa menjadi kaya ketika dewasa nanti.

"Awalnya tidak terlalu masalah. Saya tinggal mengangkat 'ekornya' ketika mengganti popok," ucap sang ibu.

Beberapa bulan kemudian, Yang Yang mulai semakin sering pipis dan tendangan anak itu tidak terlalu kuat. Dokter pun akhirnya menyarankan untuk dilakukan pembedahan pada 'ekor' Yang Yang, khawatir terjadi masalah dengan tubuh bagian bawah si bocah jika terlambat ditangani. 

Keluarga itu diminta menunggu beberapa bulan hingga ia cukup kuat untuk menjalani pembedahan.

Walaupun sempat ragu, orangtua anak itu akhirnya menyetujui pembedahan untuk membuang 'ekor' tersebut dan sukses.

Dr Lin Jingkai, dokter pemimpin pembedahan di rumah sakit Kta Chongqing mengatakan, 'ekor' itu kemungkinan disebabkan sang ibu kekurangan asupan asam folik saat hamil.

'Titisan' Dewa Kera di India

Bocah lelaki di India ini dilahirkan dengan 'ekor' sepanjang 18 cm dan sempat dipuja sebagai titisan dewa Hanoman. (Sumber The Sun)

Bocah pemilik 'buntut' lainnya juga dilaporkan berada di India. Namanya Arshid Ali Khan (13). Ia bahkan dipuja sebagai dewa di kota Punjab, karena terlahir dengan 'ekor' sepanjang 18 cm.

Anak itu dijuluki Balaji dan warga setempat menyebutnya sebagai reinkarnasi Hanoman, dewa kera dalam ajaran Hindu.

Anak itu diduga lahir dengan kelainan spina bifida, akibat saraf tulang belakang yang tak berkembang sempurna.

Kondisi tersebut membuatnya harus menggunakan kursi roda karena tak bisa berjalan. Tahun 2015 lalu, dokter di Rumah Sakit Fortis Mohali mencabut 'ekor' itu supaya membantunya bergerak lebih leluasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini