Sukses

Petinju Tenar Manny Pacquiao Terpilih Jadi Senator Filipina

Sebagian pihak memandang pemilihan salah satu nama paling terkenal di dunia tinju ini, akan membuka jalan baginya menuju kursi presiden.

Liputan6.com, Manila - Petinju tenar Filipina, Manny Pacquiao, memenangkan kursi di senat negaranya. Ia merupakan satu dari 12 senator baru yang terpilih untuk duduk di Majelis Tinggi, berdasarkan pemilihan umum baru-baru ini setelah mendapat 16 juta suara.

Sebagian pihak memandang pemilihan salah satu nama paling terkenal di dunia tinju ini, akan membuka jalan baginya menuju kursi presiden.

Dilansir dari The Star, Jumat (20/5/2016), ketika ditanya apakah ia akan menjadi presiden, Pacquiao hanya tersenyum. "Tidak sama sekali, tidak sama sekali, tidak sama sekali," sementara dia memasuki kendaraan Cadillac SUV berwarna hitam.

"Saya bisa fokus dan disiplin diri, seperti yang saya lakukan di tinju untuk membantu bangsa," kata Pacquiao seperti dikutip dari Reuters, seraya menjelaskan bahwa sebagai senator baru, ia akan mendorong pendidikan gratis di semua tingkatan.

Pacquiao yang memenangkan sejumlah gelar tinju dunia itu, sudah menjadi wakil rakyat di Majelis Rendah Filipina.

Pada upacara pengangkatannya, pejabat Komisi Pemilihan Filipina memperkenalkan Pacquiao sebagai people's champion atau pemenang rakyat, memanggil namanya sama seperti saat dia akan bertanding di ring tinju.

Undang-undang dasar Filipina mewajibkan bakal calon presiden paling tidak berumur 40 tahun. Petinju berumur 37 tahun akan berhak mengikuti pemilihan presiden pada tahun 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini