Sukses

11 Tempat dengan Keindahan Unik yang Terlupakan

Berikut 11 foto yang diabadikan de Rueda dalam perjalanannya menyusuri berbagai tempat yang sudah lama ditinggalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak banyak yang menyangka, dunia dipenuhi dengan keindahan yang tersembunyi. Penjelajah urban, David de Rueda melakukan perjalanan ke sejumlah negara, mendatangi tempat-tempat yang telah ditinggalkan dan melalui kameranya ia berhasil 'menangkap' keeksotisan yang lama terabaikan.

Seperti dilansir BBC, Selasa (17/5/2016) berikut 11 foto yang diabadikan de Rueda dalam perjalanannya menyusuri berbagai tempat yang sarat atmosfer bersejarah :

1. Bekas Markas NATO di Italia
Bekas Markas NATO di Italia (BBC/davidderueda)
Pemberhentian pertama de Rueda adalah Pengunungan Apennine di Italia untuk menjelajahi bekas markas NATO yang dibangun pada era Perang Dingin. Namun sejak runtuhnya tembok Berlin, bangunan ini sudah tidak lagi digunakan.

 

"Fasilitas disini masih sangat bagus dengan piringan satelit yang ditutupi es. Kami dikelilingi pegunungan dan bintang-bintang. Peristiwa ini membuat kami seperti berada di dunia lain," ujar de Rueda.

2. Bangkai Pesawat di Islandia

Pada tahun 1973, Angkatan Laut Amerika Serikat dari tim US Navy Douglas DC-3 mengalami kecelakaan di pantai selatan Islandia. Seluruh penumpang pesawat dinyatakan selamat, namun bangkai burung besi itu dibiarkan tetap berada disana lebih dari 40 tahun.

Bangkai Pesawat di Islandia (BBC/davidderueda)

"Saya tiba disana pada pukul 16.00, saya mulai disorot dengan cahaya utara yang menari di langit malam. Saya tidak bisa membayangkan peristiwa yang lebih magis dari itu," tutur de Rueda.

3. Linnahall di Rusia


Linnahall di Rusia (BBC/davidderueda)
Dibuka pada tahun 1980, Linnahall adalah sebuah gedung konser yang sengaja dibangun untuk penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas Moskow di Tallinn, Rusia. Konser terakhir yang digelar di bangunan megah itu terjadi pada tahun tahun 2009 lalu.

Tingginya biaya pemeliharaan gedung, membuat tempat yang memiliki kapasitas 4.800 penonton itu dibiarkan tetap kosong alias tidak digunakan hingga saat ini.

"Saya menghabiskan beberapa jam untuk mengabadikan setiap sudut gedung dengan angle yang sempurna. Saya menggunakan lensa wide-angle 14-24mm f/2.8. Pengambilan gambar yang memusatkan pada bagian tengah memberikan foto ini kekuatan, mengarahkan mata tepat ke panggung. Bagi saya, ini nyaris seperti pesawat ruang angkasa," kata penjelajah itu.

4. Fasilitas Penelitian Isolasi Petir di Rusia


Fasilitas Penelitian Isolasi Petir di Rusia (BBC/davidderueda)
Sebuah fasilitas penelitian yang dibangun pada tahun 1970-an oleh Russian Electrical Engineering Institute untuk menguji isolasi petir adalah destinasi utama yang ingin dikunjungi de Rueda. Karena menurut pria itu, keindahan tempat ini unik.

Tempat yang terletak di tengah hutan di pinggiran Kota Moskow itu tampak seperti bangunan masa depan. Fasilitas itu pun masih tetap dijaga oleh sejumlah petugas dengan bantuan sekawanan anjing.

"Dengan kondisi matahari hampir terbenam, saya tidak memiliki banyak waktu untuk menemukan angle yang sempurna. Seekor burung yang terbang menambah dramatis foto itu," jelas de Rueda.

5. Red Triangle di Rusia
Red Triangle di Rusia (BBC/davidderueda)
Red Triangle adalah salah satu pabrik tertua di Saint Petersburg, Rusia. Dibangun pada tahun 1980-an, pabrik ini menjadi pabrik terbesar di Rusia dan manufaktur karet terbesar di dunia.

"Seperti saya, model di dalam foto tersebut pun menyusuri labirin dan mencoba menemukan jalan keluar," jelas de Rueda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangkit Listrik hingga Prototipe Pesawat



6. Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Hungaria


Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Hungaria (BBC/davidderueda)
Di dekat Budapest, de Rueda menjelajahi sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) yang dibangun pada pertengahan abad 20. Tempat ini sudah tidak terpakai selama 20 tahun.

"Saya harus masuk ke tempat ini melalui belt conveyor, merangkak dan memanjat koridor berdebu sepanjang 100 meter. Saya menggunakan lensa telephoto 70-200mm f/2.8 pada kamera D810 untuk menghasilkan perspektif yang baik, dan saya menempatkan model saya di bawah sinar matahari demi mendapat efek debu yang beterbangan," ujar pria itu.

7. The One


The One (BBC/davidderueda)
The One adalah foto yang diabadikan de Rueda di dalam sebuah ruang mesin. Ia tidak menyebutkan dimana lokasi persis tempat tersebut, namun pria itu menggambarkan kekagumannya.

"Saya seperti orang pertama yang berkunjung ke sini setelah bertahun-tahun tempat ini ditinggalkan. Semua yang ada seperti tidak pernah disentuh, ketika memasuki ruang mesin utama, saya terpesona oleh cahaya, tekstur, warna...semuanya sempurna pada saat itu," jelas de Rueda.

8. Museum Kereta Tua di Budapest
Museum Kereta Tua di Budapest (BBC/daviderueda)
Budapest memiliki sebuah museum kereta tua dengan jumlah koleksi kereta api tua dan lokomotif yang cukup banyak.

"Saya merasa seperti anak kecil melarikan diri dari realitas untuk beberapa jam berjalan di dunia imajinasi yang penuh dengan monster baja," tutur pria itu.

9. Markas Partai Komunis Bulgaria di Pegunungan Balkan


Markas Partai Komunis Bulgaria di Pegunungan Balkan (BBC/davidderueda)
Terletak di Pegunungan Balkan Tengah, Buzludzha  adalah markas bagi Partai Komunis Bulgaria. Tempat ini dibuka pada tahun 1981 setelah dibangun tujuh tahun dengan melibatkan ratusan pekerja. Bergaya Soviet, bangunan ini berdindingkan beton -- de Rueda merasa seperti tengah berada sebuah pesawat ruang angkasa.

10. Bekas Pabrik Semen di Bulgaria
Bekas Pabrik Semen di Bulgaria (BBC/davidderueda)
Mengemudi di pinggiran Kota Sofia, de Rueda dibuat terkesima dengan tampilan konstruksi bekas sebuah pabrik semen.

"Saya menghabiskan waktu cukup lama untuk menjelajahi bangunan, mencoba 'mendekonstruksi'nya dengan kamera saya," ungkap de Rueda.

11. Prototipe Pesawat di Gurun Kazakhstan
Prototipe Pesawat di Gurun Kazakhstan (BBC/davidderueda)
Program pesawat ulang-alik The Buran diluncurkan pada tahun 1970, namun gagal dilaksanakan menyusul runtuhnya Uni Soviet. Hanya satu pesawat saja yang selesai dalam program tersebut.

"Sebagai seorang penjelajah, menyaksikan dua prototipe pesawat di gurun Kazakhstan adalah pengalaman paling indah yang pernah saya jumpai. Terdapat sebuah hanggar yang besar di Baikonur Cosmodrome -- di mana sampai saat ini masih digunakan untuk meluncurkan roket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini