Sukses

10 Penampakan Air Terjun 'Wah' di Dunia

Beberapa air terjun bahkan ada yang terletak di tempat yang ekstrem dan tak lazim, namun tetap indah dan menjadi incaran para pencinta alam.

Liputan6.com, Jakarta - Air terjun merupakan suatu fenomena alam luar biasa yang terjadi akibat adanya aliran arus air yang mengaliri bebatuan sisa-sisa erosi. Adanya formasi geologi dari arus air tersebut membuat air mengalir dan jatuh dari ketinggian.

Ada bermacam-macan jenis air terjun di dunia. Dari yang terjadi secara alami hingga akibat buatan tangan manusia seperti air terjun yang berada di kolam kecil yang dibuat dari bebatuan. 

Sementara beberapa air terjun bahkan ada yang terletak di lokasi ekstrem dan tak lazim, namun tetap indah dan menjadi incaran para pencinta alam.

Beberapa air terjun menakjubkan di dunia bahkan tak hanya berada di lokasi unik, bentuk dan warna airnya pun 'wah' tak lazim.

Berikut ini 10 air terjun indah dengan lokasi menakjubkan yang dikutip dari Oddee.com, Senin (16/5/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Terjun 'Api', Kabut Hingga Pink

1. Air Terjun Horsetail, Taman nasional Yosemite, California

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com).

Air terjun ini mengalir di musim dingin dan awal musim semi dari Gunung El Capitan, di dua aliran sungai yang berbeda.

Horsetail jatuh dari ketinggian 1.570 kaki atau setara dengan 500 meter dari atas gunung, kemudian terpecah di antara bebatuan sebelum akhirnya mengalir ke kaki gunung.

Selama dua minggu terakhir pada bulan Februari, air terjun tersebut akan berubah rona dan berubah menjadi 'api terjun'.

Fenomena tersebut terjadi saat siang berganti malam dan cahaya terakhir menghilang, sinar tersebut akan dipantulkan pada air terjun yang menimbulkan warna menakjubkan seperti aliran lava.

2. Air terjun Kabut, Djupadal, Islandia

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Aliran air terjun berbentuk kabut mengalir dari tebing tinggi di Islandia ini diabadikan oleh seorang warga Islandia bernama Eslandia Kjartan Gunnsteinsson. Ia merekamnya pada tahun 2015.

'Kabut' tersebut mengaliri sisi tebing Djupadal dan kemudian jatuh dengan lembut ke dalam teluk dangkal, Breidafjordur fjord.

Bentuk aneh air terjun tersebut disebabkan oleh inversi temperatur, saat uap air panas seolah-oleh menjadi pelindung dan menjaga udara dingin yang terperangkap di bawahnya.

3. Air terjun Horizontal, Kimberley, Australia Barat

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Hanya ada dua air terjun horizontal di dunia, dan keduanya terletak jauh di kedalaman Teluk Talbot, Kimberley, Australia Barat.

Keajaiban dunia ini mengalir di antara dua ngarai di McLarty Range.

Air terjun tersebut mengalir akibat adanya dorongan gelombang pasang yang kuat, menghasilkan air terjun dengan ketinggian lima meter.

Arah aliran air tersebut akan berubah seiring dengan adanya perubahan gelombang.

Ketika pasang-surut gelombang terjadi, air akan menumpuk di bagian depan dan membentuk gelombang besar.

4. Air terjun Bigăr, Severin County, Rumania

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Meskipun tidak memiliki tetesan air terjun yang besar, namun bentuk dan lokasi terjadinya air terjun satu ini sangat mengagumkan.

Ia terbentuk di antara bebatuan lumut yang menutupi sisi tebing di atas aliran sungai kecil.

Air terjun itu terletak persis di pertengahan antara garis khatulistiwa dan Kutub Utara. Bigăr merupakan salah satu air terjun paling unik di dunia.

5. Air terjun Cameron, Alberta, Kanada

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Air terjun ini berwarna pink ini terletak di Alberta, Kanada.

Jika Anda mengunjungi Taman Nasional Danau Waterton di bulan Juni, maka Anda dapat menyaksikan fenomena sangat menakjubkan itu.

Pantulan cahaya yang dipantulkan pada kandungan mineral air, membuat air yang telah dibanjiri hujan deras tersebut berubah warna menjadi merah muda.

Peristiwa ini disebut dengan argillite.

3 dari 3 halaman

Air Terjun 'Darah' Hingga Rubi

6. Air terjun darah, Antartika

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Di lembah kering McMurdo, Antartika, air terjun warna darah mengaliri lima lapisan Glacier Taylor menuju danau Bonney.

Air aliran yang berwarna merah darah pekat tersebut, tentu saja bukan merupakan darah asli. Warna tersebut muncul akibat adanya pembentukan gletser di atas danau berusia lima juta tahun tersebut.

Ketika gletser jatuh dan mulai membeku di atas danau, air yang terdapat di bawahnya berubah menjadi asin.

Kandungan air asin yang terperangkap di dalam danau tersebut makin bertambah dari hari ke hari, hingga detik ini, dan semakin sulit untuk dibekukan.

Danau tersebut terperangkap di bawah es dan tidak memiliki kontak dengan atmosfer, tak mendapatkan sinar matahari dan oksigen.

Ketika subglacial merembes melalui celah yang terdapat pada gletser, air danau yang kaya akan zat besi tersebut disambut oleh udara dan karat.

Hal itulah yang menyebabkan air terjun tersebut memiliki air berwarna merah darah.

7. Air terjun dalam laut, Mauritius

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Mauritius merupakan sebuah kepulauan vulkanik yang terletak di Samudera India, dan terkenal dengan pantai-pantai indahnya.

Keindahan lainnya yang terdapat di pulau terpencil ini adalah ilusi optik yang membuat perairan samudera terlihat seperti memiliki air terjun di dalamnya.

Hal tersebut terjadi karena pasir dan lumpur yang tenggelam sangat dalam ke laut dari pesisir pantai.

8. Air terjun Pamukkale, Turki

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Air terjun yang satu ini telah menjadi salah satu Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1970-an. Pamukkale, yang berarti kastil kapas, terletak di barat daya Turki.

Batuan penyusun di sekeliling air terjun itu terbuat dari lapisan batu kapur yang membentuk teras indah, yang sudah tidak dialiri air.

Keindahan alam alami itu memiliki panjang 2.700 meter, dengan lebar 600 meter dan tinggi 160 meter.

Pamukkale telah digunakan sebagai tempat pemandian alami selama berabad-abad.

9. Air terjun Devil's Kettle, Minnesota

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Air terjun yang berada di Minnesota ini merupakan sebuah keganjilan alam yang indah. Terletak di pantai utara danau Superior.

Air terjun tersebut terdiri atas dua hulu. Satu hulu membuat air terjun mengalir ke sungai. Namun, tidak ada yang tahu ke mana perginya aliran hulu terjun yang kedua.

Para peneliti bahkan melemparkan barang-barang seperti bola ping pong dan pewarna ke dalam lubang hulu air terjun. Namun tak ada seorang pun yang pernah melihat benda-benda tersebut.

Semuanya masih menjadi misteri?

10. Air terjun Rubi, Tennessee, AS

10 Air Terjun Menakjubkan di Dunia Ini  Berada Lokasi 'Aneh' (Oddee.com)

Air terjun Rubi merupakan gua batu kapur komersial terdalam dan juga merupakan air terjun bawah tanah terkenal di AS.

Tempat yang memiliki air berwarna merah cerah tersebut ditemukan oleh Lambert dan diberi nama sesuai dengan nama istrinya, Ruby Lambert.

Air terjun tersebut mengandung magnesium yang tinggi, yang artinya jika Anda meminum air tersebut, akan membuat Anda sering buang air besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini