Sukses

Penjahit Turki Ciptakan Jeans Terkecil di Dunia

Kasim mendapatkannya secara turun menurun dari keluarganya yang memang berprofesi sebagai penjahit selama beberapa genarasi.

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang penjahit di Turki berhasil membuat celana jeans yang diklaim sebagai yang terkecil di dunia. Setelah diukur tingginya hanya sekitar 0,9 cm.

Keahliannya ini  tidak didapatnya secara otodidak melainkan secara turun menurun dari keluarganya yang memang berprofesi sebagai penjahit selama beberapa generasi di kota asalnya Konya.

"Awalnya profesi ini membuat saya bosan. Tapi setelah bekerja sebagai penjahit bersama ayah, saya berusaha untuk mencintai pekerjaan ini dan berusaha menciptakan inovasi dan kreativitas baru," kata Kasim Andac (34), seperti dilansir Odditycentral Sabtu (14/5/2016).

Awal mulanya ketika Kasim jatuh cinta dengan pekerjaan ini adalah saat dirinya melihat sang ayah tengah membuatkan sepasang jeans kecil untuk adiknya.

Dari situ ia pun tertantang untuk mencoba menjahit jeans yang sama, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Pada percobaan pertamanya, ia berhasil membuat jeans memiliki tinggi sekitar 7,5 cm.

Selanjutnya ia pun mampu membuat dalam bentuk yang lebih mini lagi. Kali ini tingginya hanya 5 cm.

Kasim mendapatkannya secara turun menurun dari keluarganya yang memang berprofesi sebagai penjahit selama beberapa generasi.(Odditycentral.com)

Melihat Kasim berhasil menjawab semua tantangannya, sang ayah tak ingin putranya itu merasa berada di atas angin.

Ia pun kembali meminta Kasim  menjahit celana dengan ukuran 2,5 cm.

Tantangan tersebut langsung diterimanya. Bukan ukuran 2,5 cm seperti permintaan ayahnya, Kasim malah membuat celana panjang yang lebih kecil, yaitu berukuran 0,9 cm.

Biasanya, untuk membuat celana panjang yang ukurannya sangat kecil, hanya bisa dilakukan dengan cara dijahit tangan. Namun tidak bagi Kasim. Ia mampu menyelesaikan semua tantangan ayahnya dengan menggunakan mesin jahit.

Kini, satu harapannya, karyanya tersebut dapat masuk dalam Guinness Book of Records untuk kategori membuat celana panjang jeans terkecil di dunia.

"Saya yakin, dia akan menang," doa sang ayah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini