Sukses

Perempuan Muslim Terpilih Jadi Ketua Parlemen Daerah di Jerman

Untuk pertama kalinya di Jerman, seorang wanita muslim terpilih sebagai ketua dewan perwakilan daerah.

Liputan6.com, Stuttgart - Untuk pertama kalinya di Jerman, seorang wanita muslim menduduki jabatan ketua parlemen di negara bagian Baden-Württemberg.

Setelah terpilih dengan suara terbanyak untuk menjadi ketua dewan perwakilan daerah, Muhterem Aras, wanita politisi dari Partai Hijau, mengatakan, “Kita menorehkan sejarah hari ini.” 

Dikutip dari The Local pada Jumat (13/5/2016), negara bagian di tenggara Jerman ini menebarkan "pesan keterbukaan, toleransi dan integrasi yang berhasil," karena telah memilih dia, imbuhnya sambil berjanji memastikan budaya perdebatan yang hidup dan adil di parlemen.

Aras (50), sebelumnya adalah seorang akuntan pajak dan juru biacra urusan keuangan bagi Partai Hijau. Sebagai catatan, negara bagian Baden-Württemberg merupakan salah satu negara bagian yang makmur di negeri tersebut.

Keluarga Aras pindah dari Turki ke kota Stuttgart, Jerman. Ayahnya kemudian bekerja di perusahaan lift, sedangkan ibunya bekerja sebagai tenaga pembersih.

Wanita itu mempersiapkan diri melalui sistem pendidikan Jerman hingga akhirnya melanjutkan kuliah ekonomi. Ia kemudian mendirikan badan penasehat pajak sendiri.

Suara sumbang

Kebanyakan anggota parlemen dari kelompok sayap kanan, Alternatif for Germany (AfD), menolak bertepuk tangan ketika Aras menyelesaikan pidato pertamanya.

Jörg Meuthen, pimpinan AfD dalam parlemen Stuttgart sekaligus menjadi jurubicara partai di tingkat federal, memandang sepele pemilihan wanita itu.

"Kami selalu mengtakan bahwa ada jutaan warga Muslim yang tinggal di sini sebagai bagian dari Jerman dan berintegrasi secara damai," kata Meuthen. "Memangnya kenapa kalau ada salah satu dari mereka yang menjadi ketua parlemen?"

Para anggota parlemen diduga akan memilih kembali Winfried Kretschmann dari Partai Hijau sebagai gubernur negara bagian pada pekan ini. Kejadian ini juga merupakan yang pertama kalinya.

Partai Hijau akan memerintah sebagai rekanan junior dalam koalisi partai bersama dengan Kesatuan Demokratik Kristen (CDU) di bawah pimpinan Angela Merkel.

Pertama kalinya dalam sejarah, ada partai selain CDU (ataupun CSU di Bavaria) dan Partai Sosial Demokrat (SPD) yang menang pemilu negara bagian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.