Sukses

Uni Eropa: 10 Tahun, Bantuan 500 Juta Euro untuk Indonesia

Duta Besar UE untuk Indonesia, Vincent Guerend menyambut baik kerja sama dengan RI.

Liputan6.com, Jakarta - Uni Eropa (UE) meluncurkan laporan kerjasamanya dengan Indonesia. Laporan tahun 2016 tersebut diluncurkan dalam bentuk blue book atau buku biru.

Dalam blue book tersebut, UE memaparkan secara rinci kerjasama apa yang telah dicapai. Baik antara Indonesia bersama organisasi Uni Eropa atau negara anggota organisasi multilateral itu.

Diluncurkannya buku tersebut disambut baik Duta Besar UE untuk Indonesia, Vincent Guerend. Menurutnya, masyarakat luas kini bisa melihat betapa besar komitmen UE untuk bekerjasama dengan RI.

Pria asal Prancis ini menyebut, kerjasama RI dan UE, yang telah terjalin saat ini mencakup banyak sektor. Oleh sebab itu, UE tak ragu mengeluarkan dana hibah untuk membantu RI.

"Selama 10 tahun terakhir, Uni Eropa telah memberikan bantuan hibah lebih dari sekitar setengah miliar euro," ucap Duta Besar UE untuk Indonesia Vincent Guerend di Hotel Le Meredien, Rabu (11/5/2016).

Dana hibah itu, tegas Guerand, tidak hanya diberikan ke satu sektor saja. Tapi mencakup beberapa area penting.

"(Dana hibah) menargetkan (area) pendidikan dasar, tata kelola pemerintahan, penggunaan lahan dan hutan dan perubahan iklim," ucap dia.

"Uni Eropa juga telah mendukung perdagangan, pembangunan ekonomi dan pelayanan kesehatan di Indonesia," pungkas Guerand.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.