Sukses

Lotion Ajaib Ini Hilangkan Kerutan Secara Instan

Sekelompok peneliti menemukan produk 'ajaib' yang dapat menghilangkan kerutan hanya dalam satu menit.

Liputan6.com, Cambridge - Sejumlah merek kosmetik mengklaim telah me'lahir'kan produk yang menyamarkan bahkan menghilangkan kerutan. Faktanya, sekali pun bisa menghilangkan penuaan namun untuk mendapat hasil yang diinginkan konsumen harus memakainya dalam waktu yang cukup lama.

Kabar menggembirakan datang dari sekelompok peneliti yang mengklaim telah menciptakan produk ajaib berupa lotion.

Lotion ini dapat menghilangkan kerutan secara instan untuk sementara waktu.

Beberapa peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University, itu mempublikasi hasil studi mereka dalam jurnal Nature Materials.

Produk yang dapat membentuk 'second skin' atau secara harfiah berarti 'kulit kedua' tersebut, dibuat dari bahan kimia yang dinyatakan aman oleh U.S. Food and Drug Administration.

Cara kerja lotion itu adalah dengan membentuk selaput elastis transparan atau yang mereka sebut wearable crosslinked polymer layer (XPL), mudah untuk diaplikasikan langsung pada kulit.

Produk tersebut telah di uji coba kepada 170 orang. Hasilnya, tidak ada satu laporan pun yang menyatakan adanya reaksi alergi atas pemakaian inovasi tersebut.

XPL terbuat dari pengulangan atom oksigen dengan dua atom silikon hingga terbentuk suatu molekul besar.

"Kami terinspirasi untuk membuat produk yang dapat merawat dan melapisi kulit, serta dapat digunakan untuk keperluan kosmetik maupun kedokteran" ujar Profesor Teknik Kimia di MIT, Daniel Anderson yang terlibat dalam penelitian.

Produk tersebut tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan kerutan seperti yang terdapat di kantung mata maupun dahi, namun juga mengatasi sejumlah masalah pada kulit kering, seperti eksim dan psoriasis, dengan membantunya tetap terhidrasi.

"Kami harap lotion ini bermanfaat untuk berbagai hal. Misalnya, jika dibutuhkan pada area kulit yang luas, Anda dapat mengaplikasikannya seperti tabir surya," jelas Anderson.

Kulit sintetis berbahan dasar polimer sebagai salah satu terobosan yang dapat menghilangkan kerutan secara temporer (Melanie Gonick/MIT)

Dikutip dari CNN, Rabu (11/5/2016), partisipan penelitian dapat dengan mudah mengaplikasikan produk yang berbentuk lotion dengan menggunakan ujung jarinya. 

Terdapat dua tahap proses aplikasi produk tersebut. Pertama, gunakan cairan bening untuk membuat selaput yang tak terlalu tebal. Jika dibutuhkan selaput yang lebih tebal, aplikasikan losion kedua.

Lotion tersebut hanya membutuhkan waktu satu menit untuk kering. Para pemakainya juga tak perlu khawatir ketika berkeringat atau terkena air. Solusi khusus telah diciptakan untuk membantu selaput itu larut dan terkelupas dari kulit dalam beberapa hari.

Lapisan Kulit Kedua

Kemampuan produk itu untuk membuat kulit terlihat lebih kencang merupakan salah satu kunci dalam perawatan kulit, demikian menurut ahli dermatologi, Robert Anolik.

Anolik yang tak terlibat dalam penelitian, antusias denga manfaat medis dari produk tersebut.

Perbedaan kulit yang menggunakan XPL dan tidak (Melanie Gonick/MIT)

Ia juga berkata, selaput yang dihasilkan lotion dapat berfungsi untuk melapisi jenis kulit kering.

"Kebanyakan obat -- dalam bentuk krim atau lotion, dapat terhapus karena gesekan kulit dengan seprai atau baju, namun tidak dengan produk ini yang mudah terserap," ujar Anolik.

"Produk ini memiliki manfaat besar dalam dermatologi kosmetik," tambahnya.

Korset Bagi Kulit

Seorang profesor dermatologi di University of California, San Francisco, Richard Glogau, telah menguji produk berbasis polimer yang serupa dan berkata bahwa teknologi tersebut bekerja secara efektif.

"Aplikasi yang tipis, membuat selaput nampak natural dan terasa seperti kulit yang kencang," ujar Glogau.

"Ketika diaplikasikan, polimer langsung membuat kencang. Itu seperti Spanx-- salah satu merek korset-- bagi kulit," imbuhnya.

Hingga saat ini tak ada perawatan yang dapat menghilangkan kerutan kulit secara permanen. Tersamarnya tanda penuaan oleh produk-produk dari berbagai macam merek itu hanya bersifat sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.