Sukses

Rumah Mewah Bekas Kantor Nazi Dijual Rp 73,37 Miliar

Sebuah rumah bersejarah yang merupakan bekas kantor Partai Sosialis Nasional Australia dijual. Berminat?

Liputan6.com, Glebe - Salah satu rumah mewah di Glebe, Lyndshurst, dijual dengan harga 7,5 juta dolar Australia atau setara Rp 73,37 miliar.

Lyndhurst dibangun pada 1833 oleh arsitek Inggris, John Verge, untuk ahli bedah dan pasturalis Dr James Bowman, yang merupakan menantu dari pelopor wol, John dan Elizabeth Macarthur.

Dikutip dari News.com.au, Senin (9/5/2016), pada 1847 saudara ipar Bowman, James dan William Macarthur, terpaksa menjual rumah itu ke Bank of Australasia untuk menutupi utang-utangnya. 

Lyndhurst yang telah berdiri sekitar 2 abad digunakan untuk berbagai hal, mulai dari sekolah teologi, pabrik acar dan sapu, rumah sakit, bahkan menjadi kantor pusat Partai Nazi Australia.

Di Australia, Partai Nazi atau Partai Sosialis Nasional Australia merupakan partai minoritas yang aktif pada 1960 dan 1970-an.

Partai tersebut ikut mengirim kandidat, yakni pendiri partai Ted Cawthron, di pemilu Australian Capital Territory (ACT) pada 1970. Namun, ia hanya memperoleh 173 suara, atau sekitar 0,32 persen.

Pada 1972, pemerintah negara bagian mengajukan pembongkaran Lyndhurst untuk dialihfungsikan menjadi jalan tol yang melalui Glebe.

Namun rencana tersebut diprotes dan rumah itu berhasil dilindungi untuk direstorasi oleh Save Lyndhurst Committee.

Lyndhurst pada zaman dahulu (News Corp Australia)

Pada 1984, Lyndhurst menjadi kantor pusat Historic Houses Trust of New South Wales sebelum dijual pada 2005.

Ruang duduk di Lyndhurst (News.com.au)

Kemudian, Salvatore Panui dan pasangannya membeli rumah tersebut dengan harga 3,3 juta dolar Australia atau sekitar Rp 32,28 miliar pada 2005. Mereka menghabiskan 4 tahun untuk merestorasi Lyndhurst.

Penampilan rumah mewah Lyndhurst dari luar (News.com.au)

"Ada banyak tanggapan yang mengatakan bahwa rumah ini mirip museum," ujar makelar saham, Tim Eustace.

Kamar tidur yang luas di rumah mewah Lyndhurst (News.com.au)

"Faktanya, rumah ini sangat nyaman untuk ditempati. Sangat menyenangkan bila membayangkan bahwa siapa pun yang membelinya akan menghargai arsitektur dan menggunakan ruang," tambahnya.

Salah satu ruangan di rumah mewah bersejarah Lyndhurst (News.com.au)

Bangunan seluas 1507 meter persegi dan memiliki 3 tingkat tersebut telah terdaftar di Sothebys International dan akan dilelang pada 21 Mei 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini