Sukses

Video Mengharukan Bocah Suriah Cium Tangan 'Mama Merkel'

Merkel kerap menerima pujian dari pengungsi karena sikapnya yang pro-pengungsi di Jerman.

Liputan6.com, Baghdad - Sebuah video dari seorang anak pengungsi Suriah mencium tangan Kanselir Jerman Angela Merkel mencuri perhatian banyak orang. Hal itu terjadi setelah rekaman tersebut diposting di salah satu situs berbagi video.

Saat itu Merkel tengah mengunjungi kamp pengungsi di perbatasan Turki-Suriah di dekat Gaziantep.

Dalam kunjungannya pada Sabtu 23 April, seperti dalam rekaman yang dikutip dari Al Jazeera, Selasa (26/4/2016), terlihat si anak mencium dengan suka cita tangannya. Lalu ia mencium kedua pipi Angela Merkel.

Berikut ini cuplikan mengharukan tersebut:

Turki merupakan rumah sekitar 5.000 orang pengungsi, termasuk 1.900 anak-anak. Spanduk bertuliskan "Selamat datang ke Turki, negara pengungsi terbesar di dunia," terlihat menggantung di atas pintu masuk kamp pengungsi.

Merkel telah menerima pujian dari pengungsi karena sikapnya yang pro-pengungsi di Jerman. Banyak media sosial menjulukinya "Mama Merkel", karena sikapnya tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Merkel terperangkap kamera saat berinteraksi dengan anak pengungsi. Ia juga pernah menghibur remaja Palestina terancam dideportasi pada tahun 2015 dan menangis selama debat di televisi, sebelum kebijakan membuka perbatasan untuk para pencari suaka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.