Sukses

Sesosok Pria Bawa Lentera dari Abad ke-17, Arwah Penasaran?

Penampakan di bangunan berusia ratusan tahun di duga adalah penjaga malam dari Abad ke-17. Dua medium jatuh sakit saat arwah itu muncul.

Liputan6.com, Hertfordshire - Penampakan wujud seorang penjaga malam atau polisi patroli dari Abad ke-17 diklaim berhasil di dokumentasi melalui lensa kamera belum lama ini di London Utara, Inggris.

Pada masa itu, penjaga malam bertugas untuk patroli karena belum ada pencahayaan yang memadai. Fungsi mereka layaknya polisi pada zaman sekarang yang bertugas untuk melindungi masyarakat.

 

Ilustrasi penjaga malam di abad ke-17. (pinterest)

Kemunculan wujud tersebut terjadi ketika penyelidik paranormal melakukan penelusuran sebuah bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1445.

Dikutip dari Huffington Post, Jumat (15/4/2016), para penyelidik percaya sosok di dalam foto adalah arwah penjaga malam yang setia menjaga Rye House Gatehouse di Hertfordshire.

"Kegiatan kami tak hanya sekadar menakut-nakuti orang. Kami selalu mencari penjelasan rasional dan logis, itu sebabnya kami memutuskan untuk melakukan penyelidikan di Rye house Gatehouse pada siang hari," ungkap kepala penyelidik Micky Gocool.

"Aku sudah melakukan pekerjaan ini selama 25 tahun, baru sekarang ini aku bisa mengatakan, tempat ini memiliki kegiatan paranormal yang aktif," lanjutnya.

"Foto diambil oleh seorang tamu yang ikut melakukan investigasi," ungkap penjaga senior lokasi bernama Gareth Winn.

"Aku ada di situ ketika foto diambil. Penampakan menarik perhatianku, karena ruangan itu adalah lokasi di mana kami mendapati beragam kegiatan paranormal sebelumnya," lanjut Winn.

"Entah kenapa, penampakan itu berpengaruh kepada dua medium di ruangan, mereka berlari keluar kemudian muntah."

"Ketika itu, suhu di dalam ruangan langsung turun dan ada perasaan yang tak biasa. Umumnya ketika penampakan akan terjadi gelombang listrik statis dirasakan oleh manusia."

"Alat yang dibawa tim menemukan keberadaan gelombang elektromagnetik yang diduga terpancar dari wujud tersebut."

"Peralatan menjadi kacau kemudian dua medium berlari keluar dan muntah."

"Agustus tahun lalu di ruangan yang sama, anggota kelompok penyelidik paranormal lainnya pingsan di hadapanku."

"Itu terjadi di ruangan yang sama. Bukti ini menguatkan ruang itu adalah pusat dari kegiatan paranormal."

Pengelola bangunan mengaku tahu nama penjaga malam itu, namun enggan untuk memberikan informasi detil karena hanya akan mengundang para penipu. (Huffington Post)

Sementara itu, Winn mengklaim tahu nama penjaga malam di dalam foto. Namun, ia enggan untuk memberikan penjelasan mendetil karena hanya akan mengundang penipu yang mengaku bisa berkomunikasi dengan orang yang sudah mati.

"Penjaga malam itu bertugas untuk menjaga rumah mewah ini pada masa itu. Ketika pemilik rumah sedang tidur, ia akan berdiri dan melakukan penjagaan hingga pagi hari."

"Ketika itu situasi sangat berbahaya, dan ia bertugas untuk menjaga rumah."

"Biasanya dia membawa lentera, melakukan patroli di sekitar lokasi."

"Penampakan sebelumnya yang sering terjadi di atap bangunan berupa cahaya lentera diduga adalah hantu penjaga malam itu yang terus melakukan patroli."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.