Sukses

Payung Pintar Ini Bisa 'Meramal' Kapan Hujan Akan Turun

Payung pintar bernama Oombrella memberitahu Anda kapan akan terjadi hujan 30 menit sebelumnya. Bagaimana cara kerjanya?

Liputan6.com, Paris - Sebuah perusahaan Prancis telah menciptakan payung yang bisa menginformasikan kepada penggunanya prakiraan cuaca.

Perangkat bernama 'Oombrella' atau payung pintar disinkronisasi dengan aplikasi pada ponsel, memberikan kepada penggunanya prakiraan cuaca setengah jam sebelumnya. Aplikasi juga bisa memberikan peringatan kepada pengguna jika payung tertinggal.

Payung berwarna-warni itu didesain oleh WeZZoo, dan memiiliki dua model -- klasik dan modern.

 teknologi yang membuat payung ini pintar berada pada gagangnya. (odditycentral)

Payung klasik memiliki panjang 3,1 kaki atau 94,4 cm dengan gagang melengkung. Sementara yang lebih modern sepanjang 0,8 kaki atau 24,3 cm dengan gagang lurus. Teknologi yang membuat payung ini pintar berada pada gagangnya.

Perusahaan tersebut menggambarkan ciptaan mereka sebagai 'stasiun cuaca yang bisa dibawa ke mana-mana', terbuat dari permukaan yang berfungsi seperti kaca dengan sensor yang merekam data berupa pencahayaan, kelembaban, tekanan dan suhu dalam waktu riil.

Oombrella kemudian memproses data dan informasi melalui media sosial sebelum mengirim peringatan kapan akan terjadi hujan.

Dan jika pengguna lupa membawa payung pada hari yang berpotensi hujan atau meninggalkannya di restoran, peringatan akan dikirim dengan teknologi GPS, agar payung tidak hilang.

"Kami ingin membuat payung ini juga memiliki keunikan dari segi desain," ungkap Alexandre dari studio desain Escabo.

"Kami telah menyiapkan bahan khusus, membuat pengguna seakan sedang membawa aurora. Bahan tersebut memiliki efek khusus jika terkena cahaya dan selalu berubah warna. Ini membuat payung 'Oombrela' istimewa."

Oombrella siap beredar online secara global dan fisik di toko-toko pada musim gugur tahun ini. (odditycentral)

Oombrella siap beredar online secara global dan fisik di toko-toko pada musim gugur tahun ini.

Menurut juru bicara perusahaan, payung akan dijual seharga 79 pound sterling atau Rp 1,4 juta, namun untuk pre-order, penjualan akan dimulai pada 59 pound sterling atau Rp 1,1 juta.

Sementara itu, bagi mereka yang sudah memiliki ikatan khusus dengan payung mereka, perusahaan akan menjual gagang yang dapat mengubah payung apa saja menjadi 'pintar'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.