Sukses

5 Cara Potong Bawang Anti-Nangis, Mana yang Paling Ampuh?

Mulai dari memakai kacamata renang hingga menyalakan lilin, kira-kira cara mana yang paling ampuh membuat mata tak pedih?

Liputan6.com, London - Bawang merupakan bahan yang sering digunakan untuk memasak, mulai dari membuat tumis, sop, maupun makanan dengan kerumitan tinggi untuk dimasak seperti rendang atau gulai.

Namun, tak jarang orang enggan berurusan dengan bumbu dapur satu ini, terutama bawang merah dan bombai. Selain baunya yang tajam dan sukar hilang, bahan tersebut juga dapat membuat mata pedih.

Hal tersebut disebabkan karena bawang memiliki kandungan sulfur yang dapat membuat kita mengeluarkan air mata. Zat tersebut dapat keluar dan menguap di udara ketika kita memotongnya.

Tak jarang banyak bermunculan tips yang mengklaim dapat mengurangi rasa pedih di mata ketika memotong bawang, sepeti menggunakan kacamata, merendam bawang, hingga mengunyah permen karet.

Untuk membuktikan keefektifan tips tersebut, seorang editor berita online bernama Charlie Lankston, mempraktikan 5 cara yang diklaim dapat membuat mata tak pedih ketika memotong bawang.

Berikut ini rincian kelima cara tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (6/4/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kacamata Renang dan Permen Karet

1. Kaca Mata Renang

Di metode pertama, Charile menggunakan kacamata renang dan mulai memotong bawang. Ternyata cara tersebut berhasil membuat matanya tidak merasakan pedih dan sama sekali tak mengeluarkan air mata.

 

Cara pertama yaitu menggunakan kacamata renang ketika memotong bawang (Foto: Daily Mail).

2. Kunyah Permen Karet 

Cara kedua yang dilakukannya adalah dengan memotong bawang sambil mengunyah permen karet. Walaupun tidak memiliki keberhasilan seperti metode pertama, namun ia tak begitu merasakan pedih meskipun nampak matanya memerah.

Memotong bawang sambil mengunyah permen karet dapat mengurangi pedih di mata (Foto: Daily Mail).

3 dari 3 halaman

Bawang Beku Hingga Lilin

3. Membekukan Bawang

Berdasarkan percobaan cara ketiga, yaitu dengan membekukan bawang selama 15 menit, tak begitu mengurangi rasa pedih di matanya dan bahkan Charlie pun mengeluarkan air mata.

Seharusnya dengan membekukan bawang, dapat memperlambat pelepasan enzim ke udara. Namun berdasarkan percobaan tersebut terbukti bahwa cara tersebut ternyata tak begitu efektif.

Merendam bawang tak begitu efektif mengurangi pedih di mata (Foto: Daily Mail).

4. Merendam Bawang

Percobaan keempat yang dilakukan Charlie adalah dengan merendam bawang di dalam air hingga 15 menit. Namun seperti metode ketiga, cara tersebut tak efektif dan ia pun kembali harus mengeluarkan air mata.

 

5. Sambil Menyalakan Lilin

Metode terakhir, yaitu dengan menyalakan lilin, sama sekali tak efektif. Menurut penjelasan, seharusnya api dapat menyerap beberapa zat yang dapat membuat mata pedih, namun hal tersebut tak terbukti.

Memotong bawang sambil menyalakan lilin sama sekali tak efektif mengurangi pedih di mata (Foto: Daily Mail).

Berdasarkan kelima percobaan tersebut, cara paling ampuh untuk membuat mata tak pedih yaitu dengan memakai kacamata renang. Sementara itu, metode paling tidak efektif adalah dengan menyalakan lilin.

Cara efektif di urutan kedua adalah dengan mengunyah permen karet dan di tempat ketiga yaitu membekukan serta merendam bawang. Dari hasil percobaan tersebut, apakah Anda tertarik untuk mengenakan kacamata renang saat memotong bawang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.