Sukses

Titik Balik Pemilu AS, 'Kuda Hitam' Kalahkan Trump dan Clinton

Kemenangan Cruz semakin membuka peluang pemilihan kandidat Partai Republik menuju konvensi terbuka. Tidak ada yang menang absolut.

Liputan6.com, Milwaukee - Kandidat capres AS dari Partai Republik, Ted Cruz menang telak di pemilihan pendahuluan (primary) negara bagian Wisconsin. Kini perolehan delegasi Cruz makin mendekati Donald Trump yang masih bertengger di peringkat pertama.

Kemenangan Cruz semakin membuka peluang pemilihan kandidat partai berlambang gajah itu menuju konvensi terbuka. Tak ada yang menang absolut. 

"Malam ini adalah titik balik," kata Cruz kepada pendukungnya di Milwaukee, seperti dilansir dari USA Today, Selasa 6 April 2016.

 

"Kemenangan ini sungguh mengharukan. Kita benar-benar punya pilihan, pilihan yang sebenarnya. Kita menang karena ingin mempersatukan Partai Republik," lanjutnya.

Di primary Wisconsin ini, Ted Cruz menang telak 48,51 persen atau sekitar 33 delegasi. Sementara, Donald Trump 34,91 persen dengan tiga delegasi. Di nomor buntut, John Kasich 14,05 persen. Angka itu membuat Kasich tak mendapat satu pun delegasi.

Sementara pemilihan primary berlangsung di negara bagian Wisconsin, berbagai organisasi anti-Trump berdemonstrasi. Mereka menggelar aksi yang membuat langkah miliader itu sulit mendapatkan 1.237 delegasi yang dibutuhkan Trump untuk memperoleh restu jadi nominasi calon presiden dari Grand Old Party.

Hingga kini, Trump memimpin 737 delegasi, masih kurang dari setengah untuk memenangkan restu Republik. Sementara Cruz 481 dan Kasich 143.

Gubernur Ohio Kasich memilih untuk tetap berkampanye pada Selasa lalu. Kendati, baik Trump dan Cruz sudah memintanya keluar dari persaingan. Mereka mengatakan Kasich tak lagi punya kesempatan untuk memenangkan nominasi. Namun ia mengatakan tak ada satu pun kandidat bakal punya suara delegasi mayoritas saat konvensi di Cleveland dimulai.

"Bakal ada konvensi terbuka, dan ini keren," kata Kasich dalam sebuah wawancara.

Menanggapi kemenangan Cruz yang mempersempit niat Trump meraih menang absolut, pernyataan pendukung miliader properti itu berkata, "Ted Cruz tidak lebih dari sekedar boneka. Ia itu kuda Trojan, yang dikirim bos partai untuk mencuri kemenangan Trump."

Sementara itu, di Partai Demokrat, Bernie Sanders menang primary di Wisconsin mengalahkan Hillary Clinton.

Hillary mengucapkan selamat atas kemenangan lawannya itu. Di negara bagian tersebut, Sanders memenangkan 56,4 persen dengan 45 delegasi, sementara Hillary hanya 43,22 persen dengan 31 delegasi.

Hillary membutuhkan 640 suara delegasi lagi untuk melenggang ke konvensi, sementara Sanders butuh 1.327 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini