Sukses

Menlu Intensifkan Upaya Pembebasan WNI dengan Filipina

Di Filipina Menlu Retno mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah setempat dalam upaya pembebasan para WNI itu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan perkembangan terkait upaya pembebasan 10 WNI. Diduga kuat ke-10 WNI tersebut disandera milisi radikal Abu Sayyaf.

Retno mengatakan demi membebaskan ke-10 WNI dirinya beberapa hari lalu terbang ke Manila. Di Ibukota Filipina tersebut dia mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah setempat dalam upaya pembebasan para WNI itu.

"Sesuai instruksi Presiden saya telah melakukan kunjungan ke Filipina pada 1 dan 2 April lalu. Selama itu saya diterima langsung presiden di sana, lalu ditindaklanjuti dengan pertemuan dengan Menlu Filipina dan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina," sebut Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), (5/4/2016).

"Tujuan adalah mengintensifkan koordinasi dalam upaya pembebasan sandera WNI," sambung Retno.

Di samping itu, Menlu juga menyampaikan beberapa hal penting lain kepada pejabat tinggi Filipina. Termasuk soal pentingnya keselamatan dari para WNI.

"Adalah penting keselamatan 10 WNI kita. Saya juga menyampaikan apresiasi pada pemerintah filipina atas koordinasi (yang telah terjalin)," tuturnya.

Menlu menegaskan, pada lawatan tersebut, dia melihat Filipina begitu serius dalam upaya pembebasan para WNI yang masih ditawan. Tak cuma itu, Retno juga meyakini negara itu berkomitmen sungguh-sungguh dalam membantu Indonesia.

"Dalam pertemuan dengan Presiden Filipina tampak jelas komitmen pemerintah Filipina dalam melakukan upaya terbaik membebaskan sendera," pungkas Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.