Sukses

Ini 16 Universitas Terbaik Dunia Berdasarkan Jurusan

QS mengeluarkan daftar 16 universitas terbaik di dunia berdasarkan jurusan atau bidang ilmu. Salah satunya adalah Harvard University.

Liputan6.com, New York - Setiap tahun perusahaan yang memiliki spesialisasi di bidang pendidikan, QS, merilis ranking dari universitas terbaik di dunia berdasarkan jurusan atau bidang ilmu.

Data tersebut didapat dengan mempertimbangkan opini dari ribuan akademikus dan stafnya, serta jumlah penelitian akademis yang dihasilkan oleh universitas. Studi tersebut diklaim sangat komprehensif dan dihormati di seluruh dunia.

Dari daftar terbaru tahun 2016, QS mengurutkan 42 jurusan berbeda dari seluruh dunia, mulai dari ekonomi, sejarah, hubungan internasional, hingga kedokteran gigi.

Hasilnya, terdapat 16 universitas terbaik yang memiliki setidaknya satu dari 42 jurusan. Dari daftar tersebut terdapat nama-nama universitas yang sudah tak asing didengar dan ada beberapa kampus yang selama ini tak masuk ke dalam pertimbangan.

Seperti yang dikutip dari World Economic Forum, berikut 16 universitas terbaik berdasarkan bidang ilmu yang unggul dari QS.

Berikut universitas terbaik berdasarkan jurusannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kedokteran Hewan hingga Ilmu Bumi dan Kelautan

 

University of California, Davis

Universitas yang terletak di dekat Sacramento tersebut merupakan salah satu dari 10 kampus konstituen University of California. Menurut QS, tempat itu menempati urutan pertama untuk jurusan kedokteran hewan.

University of California, Davis, menempati urutan pertama untuk jurusan kedokteran hewan (Foto: ucdmc.ucdavis.edu).

University of Pittsburgh

Bagi orang-orang yang ingin menjadi filsuf, University of Pittsburgh merupakan pilihan terbaik untuk menuntut ilmu. Berdasarkan QS, University of Pittsburgh yang terletak di Pennsylvania menempati urutan pertama dalam bidang filosofi.

The Julliard School

Julliard School memang sudah lama dikenal dunia sebagai tempat belajar terbaik untuk seni pertunjukan. Ternyata tempat tersebut juga menjadi nomor 1 di rangking QS di bidang tersebut. Alumni terkenal dari Julliard di antaranya Jessica Chastain, Robin Williams, dan Viola Davis.

The Julliard School, tempat terbaik untuk belajar seni pertunjukan (Foto: julliard.edu).

University of Pennsylvania

Universitas yang berlokasi di Philadelphia tersebut menduduki urutan pertama dalam jurusan keperawatan. Dari data terakhir, terdapat 646 pelajar di jurusan keperawatan yang menuntut ilmu di sana.

University of California, Berkeley

Walaupun berlokasi diseberang kota San Francisco yang terkenal akan teknologinya, UC Berkeley tidak unggul bidang yang berkaitan teknologi. Dari daftar QS, universitas itu menempati urutan pertama untuk jurusan ilmu lingkungan.

Colorado School of Mines

Dilihat dari namanya, kita sudah mengira bahwa universitas tersebut ahli di bidang teknik pertambangan dan mineral. Benar saja, QS menempatkan Colorado School of Mines di posisi pertama dalam bidang tersebut. Sekolah itu menghasilkan alumni yang bergerak dan menjadi CEO di perusahaan pertambangan besar.

Colorado School of Mines (Foto: mines.edu).

University College London Institute of Education

Berdasarkan QS, University College London Institute of Education menempati urutan pertama untuk jurusan ilmu pendidikan. Saat ini, lebih dari 4.000 pelajar bersekolah di tempat tersebut.

ETH Zurich

Universitas yang berlokasi di Swiss itu merupakan tempat terbaik untuk belajar ilmu bumi dan kelautan. Alumni ETH Zurich memperoleh lebih dari 20 Nobel dan salah satu tokoh terkenal yang pernah bersekolah di sana adalah Albert Einstein.

ETH Zurich yang berlokasi Swiss (Foto: smi.ethz.ch).

3 dari 3 halaman

Kedokteran Gigi hingga Kajian Media

University of Hong Kong

Berdasarkan QS, University of Hong Kong merupakan tempat terbaik untuk menuntut ilmu di bidang kedokteran gigi. Seleksinya pun sangat ketat. Terbukti hanya 350 mahasiswa yang diterima dari 28.000 pendaftar.

University of Southern California

Lagi-lagi di California terdapat universitas terbaik untuk menuntut ilmu. Kali ini University of Southern California menempati urutan pertama di bidang komunikasi dan kajian media.

The Royal College of Art

RCA yang berlokasi di South Keningston, London, menempati urutan pertama di bidang seni dan desain. Beberapa alumni yang terkenal adalah pelukis David Hockney dan aktor Alan Rickman.

The Royal College of Art, London (Foto: londontwon.com).

Wageningen University

Universitas yang terletak di Kota Wegeningen, sekitar 80,5 kilometer dari Amsterdam, mungkin jarang kita dengar namanya. Namun Wageningen University merupakan tempat terbaik untuk belajar di bidang pertanian dan kehutanan.

University of Cambridge

Universitas tersebut memang sudah dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Namun berdasarkan QS, Univeristy of Cambridge unggul dalam tiga bidang ilmu, yaitu arkeologi, matematika, dan sejarah.

Univeristy of Oxford

Universitas yang dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di dunia itu unggul dalam 4 bidang studi, yaitu modern language, geografi, bahasa dan sastra Inggris, serta sejarah. Alumni University of Oxford terkenal memiliki pemikiran genius, di antaranya 26 Perdana Menteri Inggris.

Univeristy of Oxford (Foto: ox.ac.uk).

Massachusetts Institute of Technology

MIT merupakan kampus terbaik di dunia. Tak hanya itu, kampus tersebut mempunyai 12 jurusan unggul di seluruh dunia. Berdasarkan QS, subjek tersebut di antaranya ekonomi dan ekonometrika, bahasa, fisika, astrofisik, dan kimia.

Harvard Univeristy

Universitas yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, sudah lama dikenal sebagai universitas terbaik dunia. Selain menjadi kampus terbaik, Harvard juga unggul di 12 subjek, di antaranya hukum, bisnis dan manajemen, serta politik dan kajian internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini