Sukses

Pria di China Ciptakan Alat Bantu Evakuasi untuk Lansia

Seorang pria 70-an menciptakan alat bantu evakuasi bagi lansia. Ia telah mengajukan hak paten untuk digunakan di sejumlah negara.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang lansia telah mendapatkan ide yang bersifat kekanak-kanakan namun efektif, pada saat mengevakuasi gedung yang berisikan orang-orang tua.

Zhou Miaorong, yang berusia 70-an telah menemukan cara menyenangkan sekaligus praktis untuk membantu orangtua yang hidup di bangunan tinggi di China melakukan evakuasi, yakni dengan sebuah perosotan.

Ia telah mengajukan hak paten untuk bisa digunakan di sejumlah negara lainnya. (shanghaiist)

Dilansir, Shanghaiist, Jumat (25/3/2016), perosotan dibuat dari besi anti-karat dan aluminium, menjadikan beban untuk berlari turun tangga lebih menyenangkan dalam keadaan darurat.

Zhou, mengatakan seseorang bisa mencapai dasar bangunan dalam dua atau tiga detik jika menggunakan prosotan. Jadi, untuk turun dari bangunan tingkat 26 hanya membutuhkan waktu 90 detik untuk keluar dari gedung.

Zhou, telah menerapkan idenya di bangunan dia tinggal sebagai uji coba. Perosotan direkatkan di tembok samping tangga. Alat ini akan turun ke lantai ketika pemicunya diaktifkan, layaknya domino yang dirangkai secara berurutan.

Zhou telah memberikan nama ciptaannya itu sebagai magical stairs atau tangga ajaib.

Namun, dia mengimbau, agar berhati-hati saat menuruni bangunan menggunakan perosotan, karena tidak semulus yang dibayangkan. Itu sebabnya di setiap lantai ia telah menyediakan bantalan pelindung.

Zhou kini telah mendapatkan pengakuan dari sejumlah organisasi pemerintah atas ciptaannya. Tak hanya berencana menerapkan di China, dia kini telah mengajukan hak paten untuk digunakan di sejumlah negara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini