Sukses

Fenomena Unik, Penampakan 3 Matahari di Rusia

Suatu gejala alam menampilkan pemandangan unik keberadaan 3 matahari di atas kota.

Liputan6.com, Kazan - Sebuah fenomena alam unik memicu penampakan 3 'matahari' ketika dipandang dari suatu kota di Rusia. Seorang warga kemudian merekam penampakan langka tersebut.

Disimak dari video Newsflare pada Jumat (18/3/2016), warga kota Kazan di Rusia merekam fenomena langka tersebut pada pertengahan bulan Januari lalu.

Penjelasan video menyebutkan bahwa fenomena unik itu langka dan hanya bisa terjadi pada musim dingin ketika kristal-kristal es berada di atmosfer.

Tidak seperti gerhana matahari, fenomena 3 matahari ini tidak bisa diramalkan. Namun demikian, penampakan itu bisa terjadi beberapa kali selama musim dingin.

Sementara itu, dikutip dari laman University of Illinois, terdapat penjelasan tentang matahari ‘palsu’ ini, yang kerap dikenal dengan istilah parhelia.

Parhelia adalah titik berwarna cerah, baik di satu sisi ataupun dua sisi matahari. Parhelia terjadi ketika sinar matahari dibelokkan oleh kristal-kristal es gepeng bersegi enam (heksagonal) mendatar yang berukuran lebih dari 30 mikrometer.

Fenomena alam menakjubkan menyebabkan tampilan 3 matahari di angkasa. (Sumber University of Illinois)

Matahari ‘palsu’ ini terlihat ketika matahari berada di dekat ufuk dan pada bidang mendatar yang sama dengan seorang pengamat serta kristal-kristal es di atmosfer.

Ketika sinar matahari melintasi kristal es, cahaya itu dibelokkan 22 derajat sebelum tiba di mata kita, sehingga seakan terlihat ada matahari ‘lain’.

Berbeda dengan pendar ‘halo’ pada matahari, cahaya matahari pada fenomena ‘halo’ dibelokkan 22 derajat oleh kristal-kristal es yang tidak seluruhnya dalam posisi mendatar (horizontal).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.