Sukses

Bayi Bermandikan Sinar UV Raih Penghargaan Foto Terbaik

Foto bayi prematur meraih penghargaan foto terbaik dalam bidang medis dan sains. Karya kedua adalah gambaran struktur internal virus Ebola.

Liputan6.com, London - Bayi dalam inkubator ini sedang diupayakan untuk terus hidup dengan bermandikan sinar ultra violet -- radiasi elektromagnetik -- oleh petugas medis kelas dunia di Inggris.

Lahir prematur, tubuhnya yang mungil belum sepenuhnya berkembang untuk bisa bertahan hidup dengan sendirinya. Bayi tersebut juga mengidap demam kuning yang cukup parah.

Bayi yang malang itu juga diperbantukan dengan sejumlah mesin yang memberikan oksigen ke dalam paru-paru serta selang yang mengalirkan cairan dan obat ke dalam pembuluh darah. Sementara, lampu sinar ultra violet bermanfaat untuk menghancurkan racun yang berkembang di kulit.

Tak disangka, foto yang diambil dalam Starlight Neonatal Unit untuk bayi prematur di rumah sakit Barnet di London Utara itu meraih penghargaan Julie Dorrington untuk fotografi klinis terbaik.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (16/3/2016), penghargaan itu merupakan satu dari dua Wellcome Image Awards yang dipersembahkan untuk foto dalam bidang medis dan sains.

David Bishop, manajer pelayanan fotografi di University College London, yang mengambil foto bayi itu mengatakan,"bekerja di lingkungan itu sungguh menakjubkan. Ini adalah pekerjaan sekaligus hobiku."

Paruh waktu, Bishop menjadi dosen dalam fotografis medis di University College London dan pernah bekerja sebagai fotografer untuk Kementerian Pertahanan sebelum bekerja di tempatnya yang sekarang ini.

"Hal yang dilakukan oleh dokter dan perawat sungguh fenomenal," katanya.

Unit Starlight hanya mampu menyediakan perawatan intensif kepada 30 bayi, sebagian besar lahir secara prematur.

Pemenang kedua adalah lukisan cat air dan tinta dari virus Ebola karya David Goodsell, memperlihatkan secara mendetail struktur internal virus kecil dan sangat mematikan itu.

Pemenang kedua adalah lukisan cat air dan tinta dari virus Ebola karya David Goodsell, memperlihatkan secara mendetail struktur internal virus kecil dan sangat mematikan itu. (dailymail)

"Keseluruhan gambar terbalut sinar berwarna biru, para juri merasa foto itu telah berhasil menangkap kerentanan bayi yang baru lahir," kata Juri Fergus Walsh kepada BBC Medical Correspondent yang menyerahkan penghargaan.

20 foto yang masuk nominasi untuk Wellcome Image Awards akan dipamerkan di seluruh Inggris dan berbagai kota di dunia. Para juri pun harus memilih dari ratusan peserta yang mengajukan karya mereka.

Tur pameran itu dimulai di Museum Science, London, dan sudah dibuka untuk umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.