Sukses

Unik, Seekor Ayam Berkaki 4 Ditemukan di Tiongkok

Awalnya Zhu melihat hewan itu kerap mondar-mandir dekat peternakan ayahnya pada awal pekan lalu. Tak disangka unggas tersebut berkaki empat.

Liputan6.com, Shandong - Seekor ayam tiba-tiba menjadi sensasi wisata setelah terungkap memiliki kaki empat di sebuah peternakan di bagian timur Tiongkok.

Seperti dilansir dari Shanghaiist, Jumat (11/3/2016), hewan unggas tersebut belum lama ini ditemukan di Kota Heze, Provinsi Shandong, Tiongkok, oleh putri petani ayam setempat bernama Zhu dan ayahnya.

Awalnya, Zhu melihat hewan itu kerap mondar-mandir dekat peternakan ayahnya awal pekan lalu. Karena penasaran, ia pun mendekatinya.

Belakangan diketahui Zhu menemukan keanehan pada fisik ayam tersebut. Ia mendapati unggas tersebut memiliki empat kaki. Sepasang kaki utama dan dua lagi menggantung dari bagian bawah ekor. 

"Ayam itu tidak berasal dari peternakan keluarga kami. Sepertinya ia berjalan dari tempat yang jauh," kata Zhu

Tak lama kemudian, kabar terkait penemuan ayam berkaki empat di peternakan Zhu pun menyebar dengan cepat. Para tetangga dan teman-teman Zhu yang penasaran segera melakukan kunjungan ke peternakannya.

Setelah warga melihat keanehan itu, banyak yang merasa terkejut dan terheran-heran dengan keadaan hewan tersebut.

Ayam berkaki 4 tiba-tiba menjadi sensasi wisata setelah ditemukan di sebuah peternakan di China bagian timur.(Shanghaisst.com)

Momen langka itu pun tak disia-siakan warga yang datang untuk melihat keanehan itu. Khawatir ayam berkaki empat itu nantinya akan mati, mereka mengabadikan unggas tersebut dengan kamera ponsel mereka.

Tak disangka status selebritas bagi seekor ayam juga menjadi beban yang berat. Karena terlalu banyak orang yang ingin melihat keunikannya, ayam yang diperkirakan baru berusia 1 bulan itu pun ditemukan sudah tidak bernyawa.

"Aku menemukannya terkapar Senin siang. Saat itu, dia sudah tidak bergerak. Padahal pada pagi hari, ayam itu masih terlihat berlari-larian," ucap Zhu seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (11/3/2016).

Sejak penemuannya, ayah Zhu menempatkan ayam tersebut di sebuah kotak, terpisah dari 10.000 ayam yang lainnya di peternakan.

walnya Zhu melihat hewan itu kerap mondar-mandir di dekat peternakan ayahnya pada awal pekan lalu.(Shanghaiist.com)

Pengawas dari sebuah peternakan di Kota Heze, Cai Zhongfeng, mengungkapkan bahwa ayam berkaki empat itu merupakan hasil dari malformasi, yakni perkembangan abnormal organ atau jaringan.

Meski fisiknya tidak normal, Cai menambahkan bahwa ayam tersebut masih bisa dikonsumsi dan tidak memberikan dampak buruk apa pun bagi manusia.

Ternyata, fenomena langka itu juga pernah terjadi sebelumnya di Tiongkok. Pada 2012 silam, seorang wanita di Changsa menemukan ayam yang memilki dua tungkai tambahan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini