Sukses

Wah, Australia Akan Buat Kereta Lebih Cepat dari Pesawat Terbang

Negara-negara yang lebih dulu maju dalam bidang MRT, kini malah tengah berlomba-lomba membuat kereta api super cepat.

Liputan6.com, Australia - Indonesia kini tengah membangun sebuah Mass Rapid Transit (MRT) yang dapat mengatasi masalah kemacetan di ibu kota, khususnya Jakarta. Diperkirakan sistem transportasi cepat ini akan selesai pada tahun 2018. 

Sementara Indonesia sedang dalam proses pembangunan, negara-negara yang lebih dulu maju dalam bidang MRT, kini tengah berlomba-lomba membuat kereta api super cepat. Australia contohnya.

 

Seperti dilansir dari News.com.au, Selasa (1/3/2016), mereka merencanakan membuat sistem kereta yang lebih cepat dari pesawat terbang.

Juru bicara tenaga kerja untuk infrastruktur, transportasi, dan kereta api cepat Australia meminta otoritas terkait mengawasi rencana pembuatan sepur berkecepatan tinggi itu agar menjadi kenyataan.

"Investor siap menanamkan uang mereka di proyek yang bernilai US$ 68 juta atau sekitar Rp 139 miliar hingga US$ 114 miliar atau sekitar Rp 907 triliun," kata mantan Menteri Perdagangan Australia Andrew Robb.

Menurut Andrew, para investor memandang proyek ini sebagai investasi jangka panjang yang aman sekarang ini.

Sementara itu, negara-negara di Asia seperti Jepang, China yang memang sudah dikenal sebagai negara paling maju di bidang teknologi terus membuat moda transportasi kereta yang jauh lebih cepat. Tak mau kalah, negara-negara Eropa seperti Rusia, Prancis, Polandia, dan Uzbekistan juga tengah menyusul proyek tersebut.

Usulan untuk membuat sistem kereta api berkecepatan tinggi tersebut rencananya akan menghubungkan kota-kota besar yang ada di Australia. Seperti Brisbane, Sydney, Canberra, dan Melbourne dengan panjang rute 1.748 kilometer.

Negara-negara yang lebih dulu maju dalam bidang MRT, kini malah tengah berlomba-lomba membuat kereta api super cepat.(News.com.au)

Dengan kereta cepat itu, jarak yang biasanya ditempuh 3 jam lebih dari Sydney ke Melbourne nantinya bisa lebih cepat yaitu 2 jam 44 menit. Sementara dari Sydney ke Brisbane dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 37 menit.

Kereta bergerak dengan kecepatan 250 kilometer per jam.

Selain itu, nantinya kereta bisa berhenti di kota-kota besar lainnya yang ada di Australia ditambah 12 stasiun regional: Gold Coast, Casino, Grafton, CoffsHarbour, Port Macquarie, Taree, Newcastle, Central Coast, SouthernHighlands, Wagga Wagga, Albury-Wodonga dan Shepparton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini