Sukses

Terbakar, Pesawat Melakukan Pendaratan Darurat di Jalanan Ramai

Seorang pilot Cessna melaporkan api di dalam kabin pesawat dan segera melakukan pendaratan darurat di jalan utama Gainesville, Florida.

Liputan6.com, Gainesville - Sebuah pesawat terbang kecil bermesin tunggal melakukan pendaratan darurat di jalan raya pada Minggu siang lalu beberapa saat setelah lepas landas.

Dikutip dari news4jax.com, Selasa (3/1/2016), pilot pesawat Cessna bernama Walter Amon (61) itu sebelumnya melaporkan kebakaran di dalam kokpit pesawat terbang.

Melihat sebuah pesawat melakukan pendaratan tak biasa di dalam kota, seorang matan tentara bernama Rusty Hoffman bergegas menuju lokasi untuk memberikan bantuan.

"Aku melihat di dalam pesawat terdapat banyak bagasi, sepertinya mereka sedang melakukan perjalanan jauh. Wanita di dalam pesawat hanya mengalami lecet pada bagian kaki dan kepalanya. Aku membantunya dengan memberikan tisu kepada wanita itu, sementara warga lain memberikan pertolongan kepada sang pilot," ungkap Hoffman.

Dalam situasi yang menegangkan itu, Hoffman pun sempat mengajak bercanda wanita tersebut untuk menghilangkan traumanya dengan mengatakan bahwa riasan wajahnya masih untuk seorang wanita yang baru mengalami kecelakaan pesawat.

Setibanya di lokasi, kepolisian Gainesville, negara bagian Florida, melakukan penutupan jalan raya agar penyidik dapat membersihkan puing serta mengambil foto TKP.

“Saya kagum sang pilot yang masih mampu mendaratkan pesawat terbang itu di tengah jalan raya utama di Gainesville tanpa menabrak mobil, gedung atau melukai masyarakat.” ungkap Letnan Tshcarna Senn.

“Polisi tiba di lokasi dengan cepat dan melakukan tugasnya dengan melakukan pengaturan lalu lintas," ungkap Hoffman. 

Menurut laporan, News4jax, nomor registrasi pesawat terbang itu terdaftar di negara bagian Arizona, tepatnya Scottsdale. 

Setibanya paramedis di lokasi, pilot dan penumpang dilarikan ke rumah sakit tanpa cedera ringan. Pilot dan penumpang dilaporkan akan pulih dalam waktu yang cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.